penjual dan peternak burung merpati tinggian berkelas

. .

Cara melatih burung piyik ( bakalan ) merpati tinggian

Posted by pujangga On October - 31 - 2009

Salam merpati tinggian dari team PUJANGGA PATI CLUB ( jateng ), atas permintaan rekan rekan pecinta merpati tinggian yang masih pemula maupun yang sudah lama (pemain) diseluruh tanah air ini baik yang melalui Telepon maupun SMS, kami akan membagikan sedikit tips atau cara melatih burung bakalan ( piyik ) merpati tinggian.

Berdasarkan pengalaman tim kami ada dua cara dalam melatih piyik merpati tinggian :

1. Dilatih dengan burung pelatih atau burung yang sudah mapan medan dan bisa menuntun atau mengemong si piyik untuk pulang.
2. Dilatih sendiri tanpa burung pelatih.

  • Dilatih dengan burung lain yang mempunyai sifat pelatih, yang mempunyai kriteria seperti berikut ini:
  1. Burung pelatih harus keket
    melatih burung merpati piyik (bakalan) tinggian lebih bagus kalau burung pelatihnya pada saat keket, karena burung pelatih cenderung akan terbang lebih cepat pulang dan tidak terlalu lama mutar mutar menghabiskan waktu. Jadi si piyik tidak kehabisan nafas. Lain halnya dengan burung gaburan semakin lama mutar – mutar semakin hafal medan dan terbangnyapun tidak bisa kencang karena dia menyimpan nafas.
  2. Tidak galak dan dapat ngemong yang dilatih. Maksutnya; burung pelatih terbangnya bisa ngimbangi sipiyik dan bisa nuntun untuk pulang.
  3. Burung pelatih tidak nakal dalam berterbang kalau piyik melesat dia akan mengawal dan menuntun untuk pulang.
  4. Cari burung pelatih yang tidak punya trah darah.
  5. Dapat mengangkat mengajak piyik untuk terbang tinggi.
  6. Pelatih sudah mapan tempat (lokasi).
  7. Menukiknya bisa posisi jam 12 dan tidak terlalu kencang. Maksudnya adalah melatih piyik untuk turun dari posisi jam10 sampai jam 12 dan turunnya burung pelatih tidak terlalu kencang tapi pasti agar si piyik tidak takut mentalnya.
  8. Turunnya tidak pernah mutar mutar ( meleset ), maksudnya melatih piyik turun pasti, jadi tidak mutar mutar dan tidak merusak mental. Perlu diingat sifat piyik adalah ikut – ikutan, beda dengan cara melatih merpati tinggian model gaburan yang tidak pernah di kepleki betinanya.
  9. Diusahakan dari dasar awal mulai jarak 1 meter sampai jarak tempuh maksimal turun tepat pada sasaran atau kekotak tempat landas dimana posisi betinanya itu kunci utama burung sampai bawah tidak melesat atau buang.

Kesimpulan:

* Melatih merpati piyik atau bakalan tinggian keplek lebih bagus kalau pelatihnya posisi keket karena burung pelatih cenderung akan terbang lebih cepat pulang dan tidak banyak mutar mutar menghabiskan nafas yang dilatih( si piyik ) dan turunnya pun tidak mutar mutar.
* Melatih teratur pada posisi piyik giring kencang atau keket. Jangan sekali sekali melatih burung pada posisi tidak keket atau giring kencang karena dapat merusak dari segi mental terbang,turun, sampai landas si piyik.
*Lebih baik dilatih pada waktu pagi hari karena angin tenang dan waktunya pun panjang,seumpama sipiyik ada melesat tidak pulang masih ada waktu lama untuk pulang kembali atau dicari.
*Burung pelatih yang bagus biasanya burung yang tidak punya trah darah, yang penting bisa nuntun atau memandu si piyik untuk pulang, Tinggi, turun pasti dan sekali perlu diingat sifat piyik ikut ikutan gandengannya, jadi kalau melatih posisi pelatih dan yang dilatih harus posisi keket atau giring kencang.kalau pelatih tidak keket ( giring kencang ) ada kemungkinan dia akan minggat atau kabur dari tempatnya ( arena ) dan turunnya sering mutar – mutar dahulu dan seenanknya.
*Jangan sekali sekali mengolor jarak tempuh terlalu cepat sebelum piyik mapan sungguhan atau sudah mapan dan tau jalurnya.

  • Melatih sendiri tanpa burung pelatih.
  1. Diawali dari jarak 1 meter dan diusahakan untuk turun ( landas ) pas diposisi landasanya, kalaupun ada melesatnya diulangi sampai tidak pernah melesat. Ini dasar utama burung jadi sampai jarak tempuh maksimal. Biasanya burung yang dilatih sendiri burung akan lebih kuat mentalnya dan kalau mapan dia mapan sungguhan dibandingkan pakai burung pelatih lain, maksudnya dia ( si piyik ) tidak terpengaruh sama gandengannya karna sudah terbiasa sendiri.
  2. Melatih sendiri kita harus lebih sabar karna lebih lama burung untuk diundurkan atau diolor jarak tempuhnya dan turunnya biasanya burung lebih lama mapan.
  3. Setelah piyik dengan jarak tempuh maksimal bisa digandengkan sekali tempo.
  4. Piyik atau bakalan biasanya bisa dilatih waktu lar 5 atau bulu 5 ( ukuran masa untuk burung merpati ) tapi hanya pengenalan medan atau lokasi, waktu lar 4 sampai lar 1 burung waktu waktunya kerja dan setelah lar 1 lepas atau penjawatnya lepas jangan dilatih ( harus istirahat total ) kalau lar 5 biasanya burung juga istirahat dan biasanya ekornya dilepasin atau di cabuti ( dibodoli dalam bahasa jawanya )

KESIMPULAN :

*BURUNG POSISI KEKET BARU DILATIH.
*BURUNG PADA KEADAAN SEHAT.
*DASAR UTAMA DI BIASAKAN DARI AWAL BURUNG LANDAS TEPAT PADA BETINANYA JANGAN SAMPAI DIBUANG DILUAR LANDASAN DAN DIAWALLI DARI JARAK 1METER.
*PIYIK KALAU SUDAH WAKTUNYA MAU NAIK DIA AKAN NAIK SENDIRINYA.
*BURUNG HARUS SUDUH MENJALUR.

Sekian dulu dari kami, dan untuk permintaan artikel dari teman teman yang lainnya akan kami susulkan.

Hasil masukan kata kunci dalam Search Engine :

cara melatih merpati kolongan - melatih merpati tinggian - cara melatih burung merpati tinggian - perbedaan merpati jantan dan betina - cara melatih merpati tinggi - cara membuat merpati keket - cara melatih merpati piyik - melatih merpati kolong - cara melatih piyik merpati tinggian - jual merpati tinggian bandung -
YANG ANDA LIHAT ADALAH KATEGORI Artikel

313 Responses to “Cara melatih burung piyik ( bakalan ) merpati tinggian”

  1. Theo says:

    pak sy mau tnya kenapa klo merpati tinggian jenis gambir itu gampang di “begal” sma orang juga matanya juga gak awas, awalnya kan saya gabur 200m udah lancar mau sya tambahin e malah metal padahal udah tinggal 100m juga di kepleki didepanya tetap metal itu posisi jam 5.20 sore?

  2. pak kris salam kenal saya dri bekasi,ada yg mau saya tanyain,sya punya burung megan selap,karakter y trun arah jam 12/1 ,tapi dia klw sehabis jatuh bengong gk langsung ke betina y,klw pas lepasan k 5 , trun tapi lari k penonton,gmana penanganan y,mohon sa says:

    464646

    • pujangga says:

      waduh komentarnya melenceng ke samping ( kolom nama di isi komentar )sm spt brgnya he e e e e….
      bengong karena kaget. di latih dari dasar lg aja pelan2 biar titis ke betina. jgn keburu di olor.
      begitu jatuh jgn langsung di pegang tp di kebut sm betinanya biar tempel sambil di bawa ke dondang…….begitu yg bisa saya sampaikan mas TEDJO he e e …e

  3. riko says:

    setelah sy bc dr artikel2 pak kris memeng sgt pngalaman bgt,dan yg paling mnarik buat sy adalah pak kris jg tau kinerja brg untuk main pkalongan sprti apa,yg gk perlu trbang smpai nitik dgn stud atas bawah isi semua soalnya jarak lepasnya aja cuma 900meter brg uda pada lambung smua tp gk smpai nitik,kl ada sy mau pak kris bikin brg yg spt itu dr indukan2 yg berkualitas dr pujangga br bs bwt perang disana.,,krna sy akaui brg sy kl buat main dsna tidak cocok.,,

    • pujangga says:

      memang tiap daerah beda 2 mas, utk jarak lepas yg mas sebutkan itu brg gk mungkin bisa tinggi maks sampai nitik dan kalau jarak lepas di jauhkan jg lomba gk selesai2 karna pesertanya byk dan tenaga brg blm tentu kuat kalau sampai sehari terbang 8 kali bahkan lebih.
      kita coba nantinya entah kapan…? he e e e

  4. Fauzan says:

    Klo Piyik sayapnya udh hampir total atau ada semua tinggal 1 itu bisa dikawinin gk
    Gimana Caranya mas

  5. tritis says:

    om saya mau nanya , saya ada piyikan tapi masih galak , bagaimana cara menjinakan nya. terimakasih

  6. ronald says:

    pak dhe minta trik lain donk gmana cara melatih burung piyik,selain yang diatas..

  7. adi says:

    perbedaan piyik mulai dilatih antara lar 4 dan tiga gimana mas.. bagusan yang mana,ada trik lain gak cara melatih piyik slain yg sdh tercantum di atas… makash sblmnya.

    • pujangga says:

      bgs lar 4 tp itu semua jg kita lht tenaga dan kecerdasannya. ada.

    • adi says:

      bagi pengetahuan dong mas,gimana trik lain tuk melath brung piyik…

      • pujangga says:

        kalau di jabarkan di sini terlalu panjang. latih piyik garis besarnya di tenaga, dan tepat ( titis ) ke betina masalah naik itu kalau memang karakternya naik nantinya jg naik. yg biasanya keliru brg piyik tergesa2 di olor tp tenaga blm dpt akhirnya rusak turun di tengah jalan. byk anggapan semakin jauh brg semakin tinggi itu keliru… kalau blm jalur dan tenaga blm dpt ya sia sia aja…

  8. adi says:

    mas kalo piyik dilateh gabur dan tidak keket dgn ada gandengnya kekurangnya apa…

  9. yanto says:

    pak kris,brg betina sy macet bertelur n udh sy ksh jamu dr pujangga,apa da jamu biar bertelur lancar…?

  10. andre says says:

    MAS,salam kenal,,saya mw tnya niih,,brg sya klo d latih sukanya d balap,tpi bkn brg balap,tpi brg tinggian,,,,klo terus2an d balap,apakah menjadi kebiasaan terbang pendek,dan g mw terbang tinggi,sepaerti jenisnya???trimks

  11. fajar says:

    pak kalau melatih burung yang sawan gimana?

  12. yanto says:

    pak kris mau nya klo telur dr merpati jantan lar 5 dan betina lar 2 klo telurnya ditetaskan hslya gmn…minta solusinya pak…

  13. yanto says:

    Pak,sy py merpati piyikan lar 6,sdh keket 1x.merpati sy itu gemuk gmn cara mengatasinya spy ideal..hrs diberi pakan apa ja n jamu doping dari Pak Kris trus diberikan enggak…? trims

    • pujangga says:

      makannya biasa aja jagung dan beras merah,nanti stlh sering di latih badannya kan bentuk sediri dan ngisi.jamu perlu sekali!!

  14. yanto says:

    pak…merpati betina sy batuk,pilek sdh sy kasih sulva fit kox blum ada perkembangan. solusi obat lainya pa ya….trims

    • pujangga says:

      sekali minum 2 kaps sehari 2 kali jd pagi 2 sore 2 selama 3 hr kalau gk ada perkembangan nanti coba ganti obat.

  15. Muhamad Mustain says:

    Pak kris mau konsul neh….paser bumi dan bertelur 2 kali,tapi kok g pernah bisa netes telurnya?

  16. nopi says:

    Pak mau ty klo SULFA VIT dijual di apotek engk….

  17. yanto says:

    pak kris mnta solusinya…mnrt anda tlur yg bagus utk ditetaskan yg besar atau telurnya kecil lonjong

    • pujangga says:

      utk telurc sulit di prediksi,tp biasanya yg laki 70% ujungnya lancip bukan betuk lonjongnya .

      • yanto says:

        klo pesan jamu sampai ke wates kulonprogo brp hari ya… sulingan ngongsit yg 25rb warnanya ada yg biru gk…

        • pujangga says:

          paling 3 hari,ada tinggal nge cat aja.

          • yanto says:

            oke bsok sktr tgl 10 aku mau pesan. saya punya merpati yg takut dgn lapaknya meja gmn cara mengatasinya,pak…thank

          • pujangga says:

            sebetulnya brg merpati tinggian itu sama aja di mainkan di arena semua tergantung kebiasaan dari awalnya.kalau brg mas sdh terbiasa di kolong tanah di mainkan di meja itu perlu adaptasi lama dan di mulai awal ngalithnya dari lempar2.lebih mudah latih bakalan/bahan.

          • barley(BARRONET) says:

            ‘Lam kenal Om… klo milih brg bakalan dg karakter sifat & mentl Bgs gmn? Trims.

          • pujangga says:

            coba di baca dulu artikel ciri2 mental yg bgs.

          • yanto says:

            klo jamu diberikan pd piyik yg mulai latihan terbang bleh gk n kshya brp butir….??

  18. yanto says:

    mlm pak…sy mo ty cara dan obat yg cocok buat piyik yg nafasnya megap-megap,klo udah dewasa pa bs sembuh, trims atas jwbanya.

  19. adam says:

    mas pujangga apa ada stok burung yg sudah setengah jadi saya mau punya tapi tidak bisa cara melatih piyik

  20. beny says:

    mas klo pyikan baru rmpas 2 kali trus bulu 5 ato bulu istirahat burung prlu diloloh ato tdak usah mas….tolong infonya mas.trims

    • pujangga says:

      sekali tempo brg perlu di loloh sekali aja biar mentalnya gak rusak.

      • rudy says:

        dilolohnya sampai anaknya dewasa ato loloh mati aja mas?trims atas infonya mas kris

        • rudy says:

          oh ya mas sya pnya pyikan tpi skrang sdah hbis rampas mas tpi smpai skarang burung blm mau naik mas pdahal sdah sya loloh skali tpi ttepa aja blm mau naik mas….tlong informasinya mas spaya pyikan sya ini bsa mau trbang tinggi mas….

        • pujangga says:

          he e e …..biar sampai dewasa aja,dr pd loloh mati dosa sekali he e e……..

          • rudy says:

            dah kurang lebih 1km mas jarak lpasannya mas…dan sdah sya prnah loloh mas 1x dan skarang sdah 4gringan mas…kdang tinggi hnya3/4 aja mas tpi dri tnggi bsa trun pendek jdi diatas genting rumah trbangnya mas…itu gmna ya mas caranya biar pyikan saya mau trbang tinggi…tolonginfonya mas kris.trims

          • pujangga says:

            blm kelihatan tunggu sampai 3km kalau blm tinggi ya berarti absir aja. brg beli dari mana? apa ada darah balap pendeknya

          • rudy says:

            oh ya masapa prlu diloloh lgi sampai pyikan sya bsa trbang tinggi ato ada solusi yg lain mas.trims

          • pujangga says:

            gak perlu kalau brg punya darah tinggi nantinya akan tinggi sendiri.merpati dari mana asalnya kok aneh banget……

          • rudy says:

            oh ya mas satu lagi nih prtanyaannya…sya pnya burung mas terbang anteng dan tinggi tpi klo dah msuk ring brung itu ga mau kemeja mas malah mental tpi sblmnya ga prnah begitu mas…sbaiknya diapain ya mas biar dia mau kemeja dan trun rapih keceweaannya mas…tpi skrang brung bulu 5 mas dan disya brung itu blm pernah loloh mas….

          • pujangga says:

            di dasarri lg dari awal makanya dasar utama brg jd dari latih awalnya.

  21. dwi says:

    mas kalau pesen jamu gimana caranya???

  22. YANTO says:

    klo DORO indukan mtya yg satu biasa yg 2jowo gmn klo dijadikan indukaan gmn mnrt bapak

  23. YANTO says:

    dorobetina sy skit ngorok n klo mlm sring bersin2,pa bs diobati n obatnya apa dan menular gk Pak….. CTT:brung betina sy tdk hbis terbang,cm dikandang dan gorok

    • pujangga says:

      bisa sepanjang blm parah dan kita harus sabar merawatnya.obatnya sulvavit atau trimezyn B ,bisa nular yg lain.

  24. congdil says:

    kenceng mas,,hehe..jagoan baru saya
    oia ini hampir sama kayak ring 46 y mas?

  25. siang mas,
    mas guna na undur2 bwt p ?
    Di ksh na stiap hri p ga ?
    Sekali ngasih undur2 brp bnyk ? Thx.

    • pujangga says:

      utk tambah mental aja.tp hrsnya brg sdh pny mental baik kalau brg mentalnya jelek dikasihberapapun ya tetap jelek.hanya waktu2 tertentu aja. 3bj.

  26. congdil says:

    halo slmat pagi,693 bagus mas br slsai latih

  27. pagi mas,
    mas mau tanya kl burung ud tinggi pas di jam 12 tp kl di geber ga mau turun , malah muter2 aja d atas kadang2 malah lewat,knp y mas ? Mohon petunjuk na.thx.

    • pujangga says:

      pagi juga, mas jonie kalau gleber brg jgn posisi jam 12 kalau brg tinggi begitu kita gleber blm tentu dia tau.telat 1detik aja sudah jauh dibanding kecepatan terbangnya,kalau brg trah atas kepala dr posisi jam 10 digleber gak mau turun kalau dia blm atas kepala(jam 12).makanya cari brg yg trah atas kepala aja.

  28. yanto says:

    klo pesan obatnya gmn crnya n sampe di wates kulonprogo sehari bs gk pak kris….TRIMS

  29. yanto says:

    pak…klo beli obatnya yg 20rb ada brp butir yach…

    • pujangga says:

      kurang lebih 150 butir sy sendiri gak pernah hitung,yg pasti murah dibanding jamu yg beredar diluaran dan khasiatnya.

  30. congdil says:

    mas ring 693 dah jodoh nih,hehe.mau nanya apa jamu terus dikasih sampe brg giring apa nunggu giring pas latih dikasih jamu lg?

  31. nuno says:

    mas brg merpati saya ada seperti kutil di dekat mata nya itu kenap tlng kasih tau cara mengobati nya

  32. adnan says:

    22 nya bgus pak tp sy lebih seneng yg alumunium,
    oo bgtu pak tp latih gandeng sama untulan apa sebaiknya sendiri?

    • pujangga says:

      sendiri aja masalahnya mentalnya br dhon2nya

      • Anonymous says:

        minal aidin wal faidzin pak kris,gmn nich dah da blm brgnya

        • pujangga says:

          sama 2 mas iwan,blm ada mas yg cocok utk daerah pekalongan,sbtlnya yg kemarin itu ya pass. brg utk daerah pekalongan hrs pakai tipe brg terbang kencang dan tarung gak perlu nitik2 dan turunnya kencang atas kencang bawah kalau perlu sampai mental itu yg cocok utk tanding disana.

  33. adnan says:

    pak sawangan yg alumunium santer bgt bunyinya dah dicoba,,
    oia klo lar 5 burung sebaiknya istirahat total apa boleh latih tp g di forsir?

  34. adnan says:

    halo pak

  35. congdil says:

    heee kandangnya angker mas..

  36. Hariyatno says:

    Mas pujangga minta no hp nya donk,.:-@

  37. congdil says:

    mas piyek yg cewean br pertama nih nelor tp ko ga di angkrem malah telornya dikeluarin dr kandangnya sendiri itu sebabnya apa y mas?

  38. adnan says:

    pak ada yg mau ditanyain lg nh,

  39. congdil says:

    selamat hari raya jg mas kris dan pujangga team+sluruh penghoby merpati mohon maaf lahir batin ya..

  40. adnan says:

    hhe pak kris lg online nih kayaknya?

  41. adnan says:

    pak klo ksh minyak ikan itu sebaiknya setiap minggu/setiap cabut telor y..hhe..?

  42. slm knl,
    sy mw tnya jamu yg di maksud jamu apa ? Merk apa ? Thx.

    • pujangga says:

      jamu bikinnan PUJANGGA TEAM gak ada dan gak dijual diluaran(toko2) kalau gak langsung dr pujangga.sebetulnya jamu itu gak dijual khusus utk pembelian brg dr pujangga tp krn permintaan para penghoby akhirnya kita melayaninya dgn cap PLOLONG.

  43. congdil says:

    halo mas kris apa kabarnya?
    anak jenar stok lg ada apa engga,?

  44. Ayun says:

    saya pemula ni pak, mohon infonya pak..yang dimaksud lar itu apa ya pak ( contoh lar 1,2,3,4 )
    terima kasih buat ilmunya ni pak..

  45. yanto says:

    sy py indukan betina tp titik mtnya yg hitam gk bulat pnuh tp titik hitam bleber/pecah..gmn pak?klo jantan/betina yg punggungnya da bulu putihnya,mnrt anda gmn burungnya?

    • pujangga says:

      kalau masalah warna gak pengaruh besar contohnya aja sdh dimas adnan brg slap klubu gak imbang bukti bisa ditanyakan di kolong merca buana (kampus interkom) jak-sel ini td sdh dpt no 3 pdhal brg msh piyik dan kalahnya nabrak jokki.kalau mata itu yg pengaruh besar kalau pecah hitamnya takutnya anaknya nurun jd gak tajam/gak awas.

  46. yanto says:

    sy mo psen jamunya….tp uangnya ditranf lwt mn,klo lwt bank bs gk?

  47. doni tratap says:

    apkah burung yg badanya tegak smuany terbang tinggi??

  48. yanto says:

    brgnya dr tmnku,brgya turnan bagus. brp X n aturnya gmn klo di ksh ALETROL TM nya….thank

  49. pappi says:

    denger2…,
    sulingan uda ada yg alumunium…?
    bole tuh…,hhee
    gmn transaksinya..
    lokasi saya di Bogor..
    pesanan min berapa biji…?

    • pujangga says:

      gak dengar2 memang sdh ada stok he e e …..minim 3bj sms nama dan alamat kode pos nanti sy kasih rek begitu uang msk sulingan sy kirim.

  50. yanto says:

    klo mata doroku msih berair lalu dilatih terbang trus2an bleh gk pak…

  51. yanto says:

    bleh egk klo merpati diberi jamu daun sambiroto efek sampingnya ada egk…… thank bgt Pak Kris

  52. yanto says:

    trimksh bgt ats solusinya….bs egak merpati yg terlalu gemuk dilatih biar kurus n melatihnya gmn n klo diksh mkn beras merah gmn….

    • pujangga says:

      biasanya kalau brg sdh terbang nanti kan gak gemuk tapi ngisi (akas badannya)….beras merah jg bgs sepanjang wajar2 aja.

  53. yanto says:

    merpatiku udah 1blan lebih matanya berair…obat yg mujarap apa yach? tolong bantuanya THANK

  54. yanto says:

    piyikan lar 5 ekornya diceboli lalu dilatih boleh engak…. n efeknya gmn….

  55. heru says:

    pak yg no 4 tu mkstnya lo bulu piyiknya dah abis,,, burung hrs di istrahatkan total gt???? n bulu ekor hrus d jebrol??????

    • pujangga says:

      kalau tiap bulu penjawat lepas hrs istirahat total mslh jebol bulu ekor di bulu 5 kalau di penjawat itu khan orgnya aja yg gak sabar biar istirahat sambil di jebol ekornya.

  56. adnan says:

    apa kbar pak kris..hhe..
    itu sawwongan kusus turun nya ada g?

  57. yogi acep says:

    pak kris….klw piyikan yang larnya udah lepas harus istirahat total …sampe lar brapa….dan ada yang bilang harus di anakin dulu biar cepet dewasa…apa iah

    • pujangga says:

      ya gak piyik aja semua kalau lar 1 lepas istirahat total sampai dia tumbuh panjang, kalau dewasa itu karakter brgnya,contoh aja manusia sdh umur dan menikah jg pyn anak tp sifatnya kekanak kanakan jg ada he e e e ……

  58. pappi says:

    salam,
    sng rasanya ada yg bnr2 mengrti cara mrawat merpati sprti mas kris.
    oia, saya dr bogor,dah vakum hmpir 10 th melihara merpati.
    saat ini saya lg mencoba u/ memulai lg,tp saat ini sgt sulit mndpt brg yg brkualitas.
    miris skli wktu sya iseng2 ke psr brg/peternak..kbyk perlakuan trhdp betina sgt tdk adil. ya pd patah bulu sayap,psklogis brg betina jd drop.

    oia mas kris,sya liat di galeri ada sulingan..
    dan saya prcya kualitas sulingannya.gmn tuh sya bs dptin nya..via transfer atau gmn..

    oia..,untuk ring..mas bikin sndri atau gmn..
    coz ring2 saya yg dulu entah pd kmn..,saya dlu bkin ring dgn cra pesan tp tmpat pembuatnya skr uda nga ada..
    trimaksih.

    • pujangga says:

      salam utk ring bisa pesan di ahok laris jakarta coba cari di comment saya. dan utk sulingan ini blm ada yg dari almunium.

    • pujangga says:

      UNTUK SULINGAN ALMUNIUM SDH ADA SIAPA YANG MAU PESAN!!!!!HARGA MULAI Rp `15.000 SAMPAI @ Rp 20.000

  59. pay says:

    mas gmana cara’a burung supaya cpt gring coal’a burung sy susah gring………

  60. congdil says:

    jd klo piyekan betina jgn dijodohkan dulu y mas?
    klo vitaminya apa saja yg perlu dikasih

    • pujangga says:

      dijodohkan gak papa tp kalau nelur ditetaskan kurang bgs tunggu sampai rampas dulu. vitaposs,minyak ikan ,atau natur E

  61. congdil says:

    mas kris umur atau selar brp piyik betina sudah rajin nelor?
    trus bagaimana cara perawatan supaya piyek betina nantinya rajin bertelor?

  62. adnan says:

    pak kris mau tanya nih,,pedoman ngelatih piyik dr lar4 sampe lar 1,berapa2 batas jarak lepasan maksimal biar brg g rusak?

    • pujangga says:

      kita lihat tenaga dan fisiknya,giring1 sampai nelur dilempar2 sampai kurang lebih 150 meter giring ke 2 sampai nelur 150meter sampai 250 dan seterusnya ini sekedar contoh aja soalnya tiap burung lain2 tenaganya.

  63. faqih says:

    mas saya mau nanya ni kalo penjawatnya itu apa sih ? hehehe
    maklum saya baru maen burung, makasih mas

  64. tomy says:

    pak kris…kalau piyikan yang siap latih hargannya berapa…misal belinya cm satu bisa ga??? maaf ongkos kirimnya brp ke comal-pemalang

  65. adnan says:

    pak tmn saya punya bakalan lar2 tp blm suka membekurin betina atau msh galak,,apa sebaiknya diumbar dulu y pak..hehe..soalnya itu burung dr lar6 sampe skrg msh ditaro tenggaran yg ga terlalu besar ukuranya dan tiap hari djemur doang..
    mohon solusinya

  66. pay says:

    lam knal mas pujangga, mo nanya apa piyik tp lg jawat pa mesti dlatih jg???…

  67. oppi says:

    mas lg sepi ya burung bahan atau 1/2 jadi nya?
    kalau ada yang 1/2 jadi mau dong,

    • pujangga says:

      ya,jgnkan 1/2 jadi bahan aja sdh byk yg laku gimana nich.mungkin utk 1/2 jd sy gak ada soalnya sdh malas titip di marina smg orgnya gak FERR,kita bayar mahal2 titip latih tp pd diambilli telurnya dan ditetaskan dan dijual.katanya anak trah pujangga tp kwalitasnya dr indukan betina kebuttan jelas jatuhkan repotasi saya.

  68. tommy says:

    bagi temen2 bekasi ataupun sekitarnya yg ingin mengikuti lomba, bulan juli di mutiara gading timur/ grand wisata, hadiah mio, kulkas dan tv.

    • pujangga says:

      wah sayang brg sy gak ada sdh terjual semua. mungkin 2thn mendatang br bisa latih lg,kalau yg di smg gak ada yg dipercaya soalnya telurnya diteteskan diam2 jd mendingan gak usah latih.

  69. sigit says:

    mas burung piyikan saya giring nya angin2an,cara nya biar giring keras gmana yah ? apa cewknya gak cocok yah,,,

    • pujangga says:

      oke mas sigit, dibilang gak cocok jg bisa apa dicoba dikawinkan malam hari.kawinnya kurang jg bisa,keket pertama jg bisa gitu dan coba doping jamu aja he e ce……

  70. dimas says:

    mas kris, burung umur berapa kita mulai bisa latih?

  71. Adikara says:

    pak, burung tinggian kolongan bapak, apa bisa di mainkan di lapak tarik ???

    mohon tanggapannya pak ??

    Terima kasih

    adi

  72. adnan says:

    oke pak kris saya coba saranya..

  73. adnan says:

    wah lg ngomongin trah roket nih..hehe..ring35 saya msh blm mau jodoh c..jd pengen liat cpet cara kerjanya..
    apa bedanya trah roket dan genk pak?
    mnurut saya ring597 aja dah kenceng terbangnya dan turun bgs atas kepala gmna yg kelasan super2 nya pak..lbih mantap pastinya y?

  74. adnan says:

    pak brg saya terbangnya tinggi,turunya jg bagus msk kolongan terus tp kbiasaanya harus slalu muter dlu diatas kepala baru turun walaupun udh coba saya tarik..bgmna cara ngilangin kbiasaan itu y..hehee..

  75. Ery - weleri says:

    Trus bwt pmblian/pemesanan gmn crny pak? . .biar sy bs pst dpt brg dr pujangga nich . .hehe. . . .blh lsg dtg ke pujangga ga pak? . . Eh ya smg bpk cpt sembuh ya. . .

  76. Ery - weleri says:

    Untuk piyikan kira2 kpn ya pak ada? Kelhatanya sy tertarik pgn pny piyikan dr pujangga ni pak n skalian mu maen ke pujangga. . . .kalo dah ada stock tak tggu kbr scptny pak. . .mkc

  77. Ery - weleri says:

    Slm kenal pak. . . .pak piyikan/bakalan dr pujangga yg siap latih ad brp kelas? . .saat ini ada stock ga pak?

    • pujangga says:

      slm kenal kembali,kalau utk dilatih dilapangan ada 3 klas,sayang pd saat ini pd habis semua dr berbagai clas.maaf br terjawab krn sy msh sakit.

  78. Dhani-weleri says:

    Mkc bos atas jwbnya, . .stlh sy bca artikel dr pujangga n sy praktekin skg piyikan saya sdh ad perubahan n ga menclok lagi . .mkc banget bos

    • pujangga says:

      sama2 mas dhani, kalau bisa pas lepas dekat bangunan gedung diusahakan dilempar keatas sekutat 2nya jangan dilempar kesamping. kalau sdh daer4ah lapang ya lepasnya kesamping gak papa.

  79. Dhani-weleri says:

    Bos emang kalo piyikan kembar slh 1nya jelek ea? . .soalny sy nglatih piyik kembar tp yg 1 kok susah bgt. . .keketny bgs tp tiap sy tmbh jraknya slalu menclok pa mgkn gr2 tenagany ga kuat? . .soalny ada halangan gedung jd . ,cr nglatih yg baekny gmn? . .mkc atas smuanya

    • pujangga says:

      mas dhani,memang kebanyakan gitu tp gak semua piyik kembar yg satu jelek tp kalau dibandingkan pasti ada yg kalah salah 1nya,dan blm tentu yg susah dilatih kalah soalnya brg blm maks. bisa juga gak senang jodohnya,apa memang blm kuat tenaganya dan tergesa gesa diolor, atau cara lepasnya yg salah?

  80. Dhani-weleri says:

    Mkc bos atas ijinnya bwt gabung

  81. Dhani-weleri says:

    Salam kenal bos. . . .aq dr weleri blh iktn gabungkan?

  82. Riga says:

    Mksdnya pada saat brung trun gk prnah buang dn hrus tepat pda betinaanya mas… Gmn cra nglatihnya y mas… Coz sya pnya brung yg sfatnya bgtu, pdhal sdah keket bnget mas. Tp pda saat trun psti buang dn gk prnah msuk kotak… Tlg tunjukin cra nglatihnya ya mas… Mksih sblumnya…

    • pujangga says:

      mas riga alangkah baiknya kalau pakai alamat email,itu disebabkan: 1.coba diganti betinanya 2.dulu mungkin waktu latih dr jarak dekat keburu2 di olor/ gak keket kencang dilatih 3.mental brg apa memang gitu. ini di coba dulu dilatih dr awal jarak 1meter sampai turun kebetinanya lalu kalau sdh oke diolor 2meter dan seterusnya jangan keburu2 jauh dulu diusahakan tepat betinanya,kunci utama brg jadi dari awal kita latih secara benar.kalau sdh benar lth masih gitu ya itu mentalnya jelek.

  83. Congdil says:

    Mas kris mau tanya2 ni,waktu lar kbrp bakalan/piyikan djodohkan?

  84. riga says:

    mas gmn cra ngeltih burung agar pada saat trun tidk pernah mental dan tepat pada betinaan…

  85. Sabrel says:

    sy bantu Doa agar cpt sembuh dan dpt beraktivitas kembali secara normal. Amin

  86. arya guntara says:

    saya amatir : brgQ menclok2 tiap dilatih..resepnya apaan yach?

    • pujangga says:

      1. harus giring kencang 2.senang pada betinanya 3.jarak lepas jangan keburu di olor/diundurkan 4.keadaan posisi brg gimana 5.perawatannya 6. kalau msh gitu mendingan bawa ke pasar brg aja utk beli jagung ha a a……

  87. Sabrel says:

    Sdh sehat ya Pak Kris ? patah tangga apa tergelincir ?

    • pujangga says:

      Blm pak sabrel,waktu turun tangga diapotik kaki sdh melangkah tau2 listrik padam dan kaki sy melangkah lebih satu trap terjadi tak seimbang terus jatuh he e e .sampai sekarang msh sakit ini aja pakai tangan kiri utk balas sms atau ngetik

  88. adnan says:

    mau tanya nih pak klo melatih bakalan jg hrs nunggu keket?

    • Sabrel says:

      ya ialah pak adnan, klo brg rmhan gx keket gx papa yg penting brg plg, tp klo buat kolongan ya harus keket kenceng.

    • hersam says:

      mturnwun maz!bsk tak cobane pasng!1lg aq prnh baca artkel kl brg jgn diliarkan!jd mksudx brg dikurng trz?nglepasx saat ltihan aja,ato ssekali prlu dilepas biar kalangan sndri?mkacih

  89. hersamb says:

    cara pasang sulingan yg bener gimna mas?trus mbedain piyik jantan ma betina dilihat apanya ya? trims

    • Sabrel says:

      bantuin Pak Kris lg Mas.
      psg sulingan gampang mas, 2 bulu buntut yg tenah di pasang tali dg cara di jahit boleh dgn benang atau tali lainnya dgn di ukur di sesuaikan dgn lebar tangkai sulingan.
      klo utk membedakan mana piyeik jantan dan betina emang susah. br kt ketahui setelah bekur/bancak minta jodoh.

  90. dimas says:

    om kris, untuk pemesanan sawangan minimal berapa banyak???? dan berapa ongkos kirim kejakarta???? Thx

  91. adnan says:

    om kris mau nanya dong?
    maksunya lar itu gimana c saya masih bingung

  92. Sabrel says:

    boleh pak kris,,,,gmn biar sampe lmpng ?

  93. Sabrel says:

    Hehehehe ia pak kris…. enaknya anter kepasar gx usah di jmpt lg ya.

  94. Sabrel says:

    betul2 ssh melatih brg piyikan,,,, bth kesabaran yg tinggi. apa lg ktm brg kurang cerdas, bntr2 jmpt karna gx bsa plg. hehehe

  95. sabrel says:

    saya mohon petunjuk…. dr artikel di atas dgn 2 cara pelatihan piyek :
    1. di latih dengan brg yg mempunyai sifat pelatih.
    2.melatih sndr tanpa brg pelatih.
    #lbh efektip yg mana agar burung jd sesuai harapan.
    #klo menggunakan pelatih nampaknya lbh mudah, tp apa tdk nantinya mengikutin karakter pelatihnya.

    • pujangga says:

      lebih efektip latih sendiri pak sabrel, kalau sama pelatih intinya hanya memudahkan aja melatihnya tapi burung tdk punya pendirian/ sering mengikuti sifat2 pelatihnya…..

  96. athenk says:

    mikum…
    boss mau nanya kl merpati kolong yg msh bakalan da ga
    ??

  97. viyan says:

    salam kenal om…

  98. risky deni says:

    salam kenal, om. aku dari cilegon. banten.

  99. ilham says:

    om,kl mlatih burung yg bakalan harus yg udh ada pasanganya ap blm?

    • pujangga says:

      Hie he he e e gimana tho OM ILHAM,kalau burung gak ada pasangannya di latih? kecuali kalau utk gaburan dirumah aja….

  100. deden (TUNAS HARAPAN) says:

    saya minta ilmunya dong mas dikit,klw untuk ciri2 burung yang mentalnya bagus seperti apa..ilmu itu yg terus saya cari sampe skrang tpi blm dpt,mudah2n pujangga pati bisa bantu ksulitan saya..mkasih

    • pujangga says:

      mas deden di bandung,utk menditeksi mental memang sulit ibarat manusia yg kelihatan sangar/maaf tampang preman tapi mentalnya belum tentu spt itu. utk memudahkan kita beli brg di peternak yg sdh tau trah dan kriterianya tapi ini berdasarkan pengalaman kami bisa dilihat dari detak jantungnya keras dan bentuk temboloknya lancip dan keketnya kencang/ muntel bhs jawanya.dgn keket kencang otomatis nafsu/ambisinya besar utk mental bagus gitu lho ha ha a….

  101. afriyono says:

    waduh belinya di mana yah,tapi ini jodoh baru pak,udah pernah angrem 1 kali.warnanya hitam selap,yg cocok warna apa yah ceweannya?Pokoknya nanti klw udah ikut lomba dan menang pak kris dapat bonus deh dari sya,tapi ini kayanya belum bisa,harus latih dari awal lagi.

  102. pujangga says:

    coba pakai megan slap pak sama indukannya, lebih mudah latih dari pd dandan/betulkan,diusahakan awalnya dari jarak dekat jgn sampai buang dari betinanya…..

  103. adnan says:

    oke pak..hehe..
    lg libur kerja pak?
    oia anakanya geng itu sudah bpk ksh nama blm?

  104. afriyono says:

    undur klw disana harganya berapa pak?buat tau harga aja?

  105. pujangga says:

    terus trerang sy kecewa pak, dulu katanya ring 165 gak awas matanya padahal disini sdh sy coba dan dari ciri jg bgs koq minta tukar ring 500, stlh dpt info ring 165 nelur diambil dan ditetaskan sm joki y….., sy kecewa apa ring 500 gitu…….?jg. makanya sekarang garansi itu bisa dipertanggung jawabkan pembelinya…..tdk!!!!!!!!!

  106. pujangga says:

    kalau disini byk pak hanya carinya yg malas,biasanya anak kecil 2 sy suruh cari sy kasih go jeng he ec e,gak ada yg jual pak…

  107. pujangga says:

    kemarin saya tulis di sertifikat nama ninja sesuai warnanya he e e,mas beli brg spt obat nyamuk dari nama ya?

  108. pujangga says:

    untuk mental biar tetek/ brani…….

  109. afriyono says:

    Saya pak klw burung masih piyik dan baru jodoh Apalagi msh lar 5,belum bisa dikatakan gagal dan jelek,namanya masih anak baru belajar harus di rawat dan di latih.jujur pak ring 165 itu saya tau punya agus,emang burung disana(mabad) matanya gak awas dan joki mabad gak seneng burung latih/piyik,tapi saya bilang sama agus itu nanti juga enggak,nah burung kemudian di titip disaya pak suruh latih dan udah 1 bln,saya udah sayang2 tiba2 agus ambil dan mau di tuker karena matanya jelek dan gak awas,sy kecewa,makanya saya uber pak kris dan maaf juga saya gak jujur selama ini ke bapak.mungkin udah jodoh saya pak ring 165.dan jujur saya gak sanggup klw mau beli mahal waktu itu.klw yg 500 agus mau berhenti main karena mabad mau di gusur dan ring 500 di titip d saya,akhirnya saya bayarin juga,AGUS PUN TIDAK TAU KLW RING 165 ADA SAMA SAYA SAMPAI SKRNG.niat saya nanti klw di udah jadi benar baru saya mau kasih liat.sekali lg saya minta maaf pak.

  110. adnan says:

    hehe..bsa ja pak kris..
    yaudah trmaksih masukanya pak..
    sukses selalu bwat pujangga pati

  111. afriyono says:

    nanti saya cari pak,kayanya ada deh yg jual.

  112. pujangga says:

    memang btl pak brg kalau msh lar blm kelihatan,bisa aja waktu dilatih sulit tp nantinya tambah bisa jd jagoan,tp sdh sugesti kalau brg aduan ditetaskan meskipun gak loloh sendiri hasilnya gak bisa maks,apalagi kalau piyiki lar 5 ditetaskan telurnya biasanya jd bodoh indukannya…. sebetulnya sy sdh tau kalau bpk afriono dan mas agus ada hub sy tau dr bpk bambang. tp ring 165 disini sdh sy latih dekat2 matanya gak ada masalah pak sy jg heran kalau disana ada laporan gitu, kadang sy dan teman2 bahas apa jokinya aja yg gak bisa latih………?

  113. pujangga says:

    amin……. amin……

  114. pujangga says:

    dicoba aja pak dan disabari semoga bisa kembali spt semula……

  115. pujangga says:

    he e e lama gak online pak sabrel ya? kadang resep jawa byk diremehkan tapi dibuktikan dulu aja pak dan pemakaiannya jgn sekali sanggan aja…..!

  116. pujangga says:

    wah itu sy gak tau pak,apa coba ekor cicak aja yg masih gerak2 ditelankan aja ha a a………

  117. afriyono says:

    Ring 165 terbangnya montang-manting pak kekiri dan kekanan sprint sangat kencang,dia klw turun pasti agak ngecot dan keleeer….!makanya saya sayang banget ngelatihnya penuh kesabaran dan kasih sayang.klw jadi bisa jadian jagoan yg tak terkalahkan.makanya saya butuh bimbingan dan pantauan pak kris biar burung ini jadi dan matang.

  118. afriyono says:

    Ring 165 belum perna tinggi full mungkin karena lepasannya baru 700 mtr dan belum di gandeng.Atas kepalanya baru sekali seringnya 3/4,belum pernah tinggi nitik,tapi saya yakin 165 pasti klw sudah jarak 1 km LEBIH akan terbang tinggi nitik dan turunnya tandes sampai tanah dan ngebanting.
    Roket bapaknya turun kencengnya 3/4 atau atas kepala pak kris..?

  119. Anonymous says:

    ia pak ring 165 uda mulai saya mau latih gandeng,karena uda selesai rampasnya,klw dari liat tipenya saat terbang 165 emang burung atas kepala tp sengaja saya tarik jam 11,1/2 12,..!agar dia paham tali kolongan bisa lompat karena kolongan di saya sangat kecil diameter atasnya 3×3 dan tinggi 10 meter…!
    Ternakan Pujangga saya akuin burung bagus2 dan bisa dipakai buat aduan klw ngalatih dan rawatnya baik.

  120. pujangga says:

    oke lha pak afriono semoga kelek jadi juara ring 165 disana.kepuasan sy kalau brg bisa jadi dan menang itu aja.sy gak mengharapkan hadiah dari bpk he e e…..

  121. Budi says:

    pak kris, di kasih jamu 3 biji sehari biar apa ????

    ring 510 perlu di kasi jamu jg pak… karna blm branca jg pak….

    terima kasih

  122. pujangga says:

    jamu byk kegunaannya:keket kencang, stamina vit, nafas panjang, telur lancar,mempercepat giring, dan utk bakalan biar cepat bancak. perlu 3bj tiap hari dan disini sdh bancak lho pak?

  123. adnan says:

    oh bgtu pak..iy ring35 lg saya sendirikan hampir msk minggu ketiga dan saya ksh jamu rutin 3biji tiap hari dan perkmbanganya udh lumayan pak dah bancak terus ma cewean cuma msh galak klo disatuin..
    hehe..ring 597 tp termasuk cerdas baru 3hari di saya udh lepasan 700m skrg dan hanya sekali melesat terus saya ulangi 700m lg sampai mapan..wktu pas melesat jg krna coba digandeng eh malah gandenganya yg hilang…hehe..2hri yg lalu br nelur..

  124. pujangga says:

    ring 35 coba waktu dijemur dikasih calon jodohnya sampai dia mau.dan ring 597 jangan keburu2 jauh biar mapan tempat dan jalurnya dulu,dan biar angkrem cukup.

  125. afriyono says:

    Ring 165 turunnya selalu tepat di ceweknya pak,mudah2an pak bisa juara disini,tenang aja saya janji klw sampai juara ada bonuslah dari saya tinggal tunggu aja transferan nanti…!

  126. pujangga says:

    memang betul mas?kaloau latih jgn tergesa gesa……..

  127. adnan says:

    iy pak niatnya jg bgtu tp terkadang rasa penasaran gbs dtahan..hehe

  128. pujangga says:

    he e e gmana mas ring 597 sdh menang berapa kali?boleh mas lawan ring GG tp ambil posisi angin kencang.soalnya kita kalah mapannya br saja lepasan 2,5km tapi kita cari angin aja/menang angin.ring 597 sdh dilatih dimarina semarang oke2 aja.

  129. Adnan says:

    Wah menang nya dah 6x pak..hehe..
    Iya pak saya udh deal lar 2 aduanya..saya yakin menang pak..
    Oia dtnggu pak kris yg supernya y..

  130. pujangga says:

    menangnya ring 597 sama brg biasa apa brg pernah juara? boleh mas lawan ring gudang garam biar ramai sekali.

  131. yanto says:

    merpati piyik yg megap-megap apa bs nular sama burung lain gk??
    thank atas jwbanya

  132. pujangga says:

    wah resep kuno mas itu ya gak ada pengaruhnya di nafas.

  133. yanto says:

    merpati saya cacingan…klo pakai obat buatan pak kris bs sembuh gk? klo sementara pk obat apotik nm obatnya apa ja… trimkasih jwbanya

  134. pujangga says:

    beli kan aja di APOTIK pyrantel,combantrin atau upiqson.

  135. Joyo says:

    BAGI MAS

  136. batik says:

    maksud ya bulu sayap…dan saya liat ada juga yg ujung bulu sayap nya pecah

  137. pujangga says:

    Rapi,tebal, kaku, dan kering biasanya sampai spt pecah2.

Kotak Komentar



  • pujangga says: he e e masak sih mas on August 21, 2014 - 23:22
    lihat 2 komentar lainnya »
  • adi tangerang says: keren ini dhe on August 21, 2014 - 16:05
    lihat 2 komentar lainnya »
  • pujangga says: amin on August 20, 2014 - 23:02
    lihat 4 komentar lainnya »
  • Ridho Husin Hamid says: Semoga berprestasi burung nya :) on August 20, 2014 - 14:00
    lihat 4 komentar lainnya »
  • pujangga says: iya on August 19, 2014 - 13:01
    lihat 13 komentar lainnya »
  • andi ashari says: ya pak gak papa.ank RJN wkt jodoh sm... on August 19, 2014 - 07:57
    lihat 13 komentar lainnya »
  • pujangga says: s he e e e …e sm di sini yg lepas yg... on August 18, 2014 - 22:51
    lihat 45 komentar lainnya »
  • masykur says: nyandak 30 lepasan dhe, sing nglepas megap2... on August 18, 2014 - 20:44
    lihat 45 komentar lainnya »
  • pujangga says: anak RJN, maaf blm bisa tampilkan foto... on August 18, 2014 - 13:30
    lihat 13 komentar lainnya »
  • pujangga says: siap ndan, sdh sy siapkan lagi…buat... on August 18, 2014 - 13:27
    lihat 2 komentar lainnya »


    ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

    Tahukah Anda..?

    Sebagian besar tips dan cerita menarik mengenai Burung Merpati justru tercurah melalui setiap Komentar Pengunjung yang selama ini ditinggalkan dan kami respon.
    Baca dan jangan lewatkan setiap komentar yang sudah terpublikasi di pujanggapati.com
                                Selamat Menikmati :)
    « Kembali ke Atas »