penjual dan peternak burung merpati tinggian berkelas

. .

Cara Merawat Burung Merpati Tinggian yang baik

Posted by pujangga On May - 20 - 2009

Beberapa tips dan cara perawatan burung merpati tinggian atau burung kolongan yang baik dan maksimal.

1.Suplemen makanan yang baik dan terjamin.
2.Memandikan burung tiap hari dengan rutin.
3.Dengan rutin menjemur burung setiap pagi secukupnya.
4.Kandang harus selalu bersih supaya bebas dari penyakit.
5.Pada waktu burung keket atau keplek dilatih rutin.
6.Pemberian Doping ( jamu ) juga di perlukan

Hasil masukan kata kunci dalam Search Engine :

jamu burung dara - jamu burung merpati - cara merawat burung merpati - cara membuat jamu burung dara - obat burung dara - burung merpati - cara melatih burung dara - cara merawat merpati tinggian - perawatan merpati kolongan - cara merawat merpati -
YANG ANDA LIHAT ADALAH KATEGORI Artikel

344 Responses to “Cara Merawat Burung Merpati Tinggian yang baik”

  1. memed says:

    cak ahmad hebat jg dpt penemuan baru nich? kalau utk org bisa gak cak..? aku coba nya nanti e e e…………..

  2. dhery says:

    numpang tanya ..saya beli burung dng teman udah giring. sepasang..,pas di masukin kandang saya kurung kira2 5 hari di mandiin truss di bebasin,,..ehh malah balik lagi ke tempat temenn aae ….,!!! tolong dong sran nya supya burung nya gak kabur truss…?? ..??

  3. ahmad says:

    boleh ikutan nih,,,kebetulan saya punya merpati atas…
    jamu saya bikin sendiri..dari akar tumbuhan sampe 14 jenis..!!
    saya kebetulan punya merpati 3 pasang…yang 2 pasang giring nya ampe 1 bulan lebih , 1 pasang lagi saya ternakin……itu
    berkat jamu yang saya buat…
    berhubung cuaca yang kurang bagus,,jangan lupa merawat nya dengan baik, juga jngn lupa jamu2 untuk konsumsi badan nya…yah buat hiburan ngelatih merpati…..trmaksih

    • pujangga says:

      he e e ini om gimana? kalau buat jamu asal buat gampang om! masak brg giring 1bulun lebih tambah bisa death,merpati giring dan dilatih bgsnya 5 hari kerja setelah itu nelur atau gak harus istirahat biar gak rusak.mendingan pakai viagra aja biar giring selamanya ha a a a….

      • ahmad says:

        weeee,,,tak percaya karena
        blom nyoba….ramuan madura..hahahahah
        tes,,and tes..ternyata giring ampe 1 buln lebih..waktu nelor istirahat lah, tapi burung kaga abis to giring nya….karena ane dah teruji..bukan teori….

        • pujangga says:

          wah wah, hebat gitu mas boleh jg ramuan kalau bisa masukkan webs ini utk tukar dan bagi2 pengalaman biar teman2 bisa mencoba dan pesan anda! trimakasih atas penglamannya…

    • adnan says:

      hhehe..coment yg ini lucu pak giring sampe sebulan kyak pengantin yg lg bulan madu..hahaha

  4. Sabrel says:

    burung blm sempat di lth terbang bulu lar 8 malah kaki nya bengkak bagian telapaknya, knp ya pak kris.

    • pujangga says:

      apa krn kena kotorannya sendiri berhari hari?

      • Sabrel says:

        waduh…. jd bkn terkilir atau lainnya ya pak kris. pengobatannya agar sembuh gmn ini pak kris ???

        • pujangga says:

          itu kurang lebihnya aja pak soalnya sy kan gak tau keadaannya.kalau betul krn kotorannya dikasih salep aja.

  5. adnan says:

    tp sebaiknya loloh mati jgn dpraktekan karna ga mempedulikan asas perkebinatangan..hahaha..

    pak kris mksh buat kaos+stiker pujangga..hehe..oia ring 46 dah jodoh jd bsa cpet latih

  6. adnan says:

    pak kata org loloh mati itu cara ampuh utk brg yg keketnya kurang bgus wlpun dah dksh cewean yg rajin nelor?
    klo saya g brani..hehe..ksian

    • pujangga says:

      btl mas itu tergantung brgnya.kalau brg trah rata2 keketnya kencang2…..cara lain msh byk utk apa pakai gitu!

  7. pay says:

    mas kris pujangga,, salam kenal dari saya…
    mohon ilmunya,,,,,,,

  8. pay says:

    apakah burung piyik lepas bulu sudah boleh di latih???

    mohon info nya..

    tks

  9. Sabrel says:

    pak kris… brg lg banyk yg sakit ini di lmpng…. klo obatnya sdh jd tdk pake lama lgsg kabari saya.

    • pujangga says:

      ya pak,utk sementara di liarkan aja biar sehat.m,emang cuaca/iklim tdk menentu…..

  10. Sebastian del amiron deronde says:

    mas kalo di gurah itu di apakan yah … ?
    terus apa penyebab terjadi nya mabunng pada burung dara … ??
    udah lah gitu aja , tolong jawabannya …

    • pujangga says:

      yg mau digurah apanya?rawat brg gak perlu aneh 2kalau brg bgs dan latihnya benar ya bisa dipastikan bagus dan sebaliknya brg jelek digurah 100x ya tetep jelek. mabung itu sdh waktunya,kita aja makin lama makin tambah umur kan gak tambah lebih muda kan?

  11. Kamal says:

    Mau tanya ni Mas…
    Burung sudah rampas satu kali, sekarang kondisinya sedang mabung.
    dalam kondisi demikian sebaiknya bagai mana ya Mas….

    • pujangga says:

      baru rampas atau sdh panjang.? lebih baik dicabitti ekornya aja dan diliarkan/diumbar.

  12. tommy says:

    bos burung knapa y. dkt paru bulu palanya suka bangun, apa sakit? klu sakit obatnya apa? turunny jadi agak ngerem ga numbuk. dan 1 lg bos, piyikan tadiny langsung turun skrng muter dulu di atas alias brabet. apa cewekny mesti sama dgn yg loloh tdk biar giring ngeket. ok terima ksh infonya…..

  13. adi joyo says:

    salam kenal,

    langsung aj nih, saya mau beli jamu buat merpati balap caranya gimana pak..?

    thx sebelumnya.

  14. Sabrel says:

    Pak kris apa betul bawang merah di bakar lalu di kupas sampai sebesar biji jagung lalu telankan ke brg laki trus mau sanggan/keket keras…?

    • pujangga says:

      maaf pak sabrel sy tambah baru dengar ini,setau sy bawang merah kalau dibakar enak utk lalapan sate he e e……

      • Sabrel says:

        hehehe sy jg br dengar pak kris…. setau sy ya buat lalap makan atau obat masuk angin. eneng2 wae.

  15. tommy says:

    salam knl mas. burung jika dilepas tinggi tapi jika kira2 30meter dia turun atau nge l. saya pecinta kolongan. kan ga bisa ngolong karena dan turun duluan, bisakan turun jam 12, terima kasih bos

    • pujangga says:

      baik bos, mungkin itu cross balap pendek atau memang sdh karakternya. ada jg brg awalnya dr bakalan blm kuat tenaga sdh dipaksa utk terbang jauh ya akhibatnya turun sblm arena. perlu diingat bos brg terbang dan turun perlu tenaga jg….. oke.

      • Sabrel says:

        tmbh saran buat mas Tommy, coba burung bawa pindah lapak. ada yg lulus ada yg gatot = gagal total. hehehe

  16. Sabrel says:

    apa kbrnya Pak Kris ?

    mau tanya apa ya ada brg yg tdk cocok di ksh jamu…? karna sy perhatikan bila di ksh jamu malah ilang sanggannya. klo gx di ksh jamu normal keketnya.

  17. benny says:

    pak, sy mau order jamu lg nih.. setelah saya cek ke lapak ternyata sdh habis

  18. iwan says:

    mas, saya mo pesan jamunya,gimana cara pemesananya? no hpnya berapa?

  19. Sabrel says:

    jd salah sy ksh jamunya ya pak kris,,,, hrsnya sampai dia sanggan siap di latih ksh 5 btr ya pak, stlh hbs di latih br 3 butir.

  20. oppi says:

    mav mw tanya sanggan dan pacek itu apa y pak saya kurang ngerti bahasanya?

    • pujangga says:

      sanggan itu giring dan pacekan itu indukan itu bhs lampung he e e….. trar kalau gak tau lg dimarahi pak sabrel lho mas he e e….

      • oppi says:

        hhe mav pak,ngomong2 brg nya udh pada laku y?yg bkalan atau 1/2 jd?
        rus pak kristono ga punya buat maen dsna dong?

        • pujangga says:

          ada hanya 1 aja di marina semarang anak londo tp gak dijual untuk semertara.nanti kalau sdh ada gantinya br dijual,soalnya utk mengisi kekosongan dimarina sewaktu2 ada lomba bisa ikut walaupun 1 saja.

  21. zachrani says:

    mas saya mau mau tanya punya pacekan & piyikan yang bagus ga?saya pecinta merpati tinggian…saya main dilapak yang ada dijakarta….

  22. Sabrel says:

    Apa kbr Pak Kris….?
    Ada sedikit masalah tp ya cukup serius jg. Ini brg klo mulai hr sabtu sanggan keras hilang, padahal betinanya jg blm ada tanda2 mau bertelur. tdk seperti brg yg lain, pemberian jamu sesuai anjuran. repot jg ini brg, padahal minggu mau di ikutkan. jd gmn ini solusinya.

    • pujangga says:

      kabar baik……?sdh mendingan pak,wah itu brg ikut spt yg punya malam minggunan dulu…..he e e . coba sabtunya jgn dilatih dan dijemur lama2/dikeluarkan sebentar aja pak ,nanti ada perubahan gak pak?

  23. tio says:

    Mas saya mau mesen obat sanggan gimana?

  24. Sabrel says:

    Burung ngacak2 dapur ? kyk pol PP aja, hehehe,,, biasanya brg yg lg ngeloloh ya cr makan atau cari garam buat ngasin Pak Kamal.

  25. Sabrel says:

    Hubungi langsung saja via contact di atas Pak Kamal.

  26. ekhan says:

    MAAF MEWAKILI pak KRIS,KARENA CIDERA pada TANGANNYA SAMPAI SEKARANG GAK BISA ON LAEN.

  27. Sabrel says:

    To Bang Hersamb.
    Lam kenal dr Sabrel. Bantu dr pujangga,,,, yg di maksud LAR adalah lembaran bulu burung bagian sayap sebelah luar yg jumlahnya ada 10 yg akan lepas tiap 1 bln 1 bulu. mdh2an jwbn sy sdh mewakili dr pujangga.

  28. kamal says:

    Mas Kris yth,
    Saya punya burung blorok madu, kawinnya rajin
    tapi ko ngga giring-gring
    mohon sarannya Mas…

  29. ROBET says:

    betul pa!!! td malam sdh sy buka scitus padepokan waliwis bondas tentang merpati tnggian dan btl isinya gambar dan artikel pak kris semua dan gila buser di pasang tarif promosi 20 jt. dituntut aja pak …. ya

    • pujangga says:

      betul mas,memang buser dan naga bumi dibajak he e e e kapan dia belinya dan brp no seri ringnya….? biar aja lha mas org lain yg bisa menilai aklhaq nya.lebih baik diam meskipun sdh tau kata org bijak….slamatkan nasib anak bangsa….

  30. Topix says:

    Hehe ..
    mau tanya lagi mas ..
    Kalo umurnya brng biasanya sampai brp thn ya ..

  31. eka says:

    mas saya punya burung doro jamu yg paling ciamik itu opo yah mas pujangga…tolong kasih tau kisi2nya

  32. Sabrel says:

    NYAMBUNG PAK KRIS.
    1. Piyikan brg saya jumlah bulu buntutnya 16, sedangkan normalnya 12 ya Pak. besar pengaruhnya tdk ya Pak.

    2. Teman2 bilang brg warna megan sy adalah burung CEMANI. apa maksudnya dan apa ke istimewaannya, kawan2 kok pd ingin merawatnya. hehehehe….

    • pujangga says:

      kalau utk sy ya biasa saja pak,dulu sy punya brg ekornya pekeng kata org2 istimewa tp ternyata biasa2 aja. kalau ayam cemani itu hitam tembus semua apa brg pak sabrel warnanya jg megan tembus semua sampai dadanya danpunggungnya kalau disini yg dikatakan cemani brg yg tembus semua kemarin sy punya betina tembus semua tp sdh laku … bisanya memang ada keistimewaannnya…..

  33. Sabrel says:

    Numpang nyambung pertanyaan ini pak.
    1. Bila trah brg bgs, tp keturunan warnanya terjadi penyimpangan dari pejantan dan induknya. itu bagaimana ya pak ? apakah perlu di pertahankan anaknya atau di apkir saja.

    2. dari sekian bnyk keturunan, adakah anak yg tetasan keberapa yg baik artinya kemampuannya melebihi kemampuan kerja bpknya. mungkin tetasan yg ke 1 atau yg ke 4,5 dan seterusnya yg perlu kita ambil anakan yg keberapa ?

  34. Sabrel says:

    jd saya pesan 10 sawangan. jgn yg bentuknya besar pak kris,,,,, yg kecil saja biar brg tdk keberatan. besok sy kirim biaya kirim.

    • pujangga says:

      wah ini sdh pd jadi pak bentuknya lumayan besar,tp gak kalau keberatan soalnya sy sdh sering pakai jg masih bisa nitik pak! dan sy msh ada bekas yg lama bentuk kecil nanti utk bonus aja lhah,tp kalau brg terbangnya gak kencang gak bunyi soalnya dulu sy rancang lubangnya besar.oh iya comment yg lebih seru lagi ha a a……

  35. Sabrel says:

    apa sy krm mnyk tanah dan pujangga krm burung ya hehehehe. ini td sore sy lth bentol sdh tdk berkembang lg bhkn mulai kempis karna di ksh sabun colet.

    • pujangga says:

      he e e kita barter brg sm minyak tanah he e e,betul pak disini minyak sulit dan harganya spt intan. syukur kalau sdh sembuh dgn sabun colet. kalau disini ya itu pak myk dicampur gamping.oh iya sawangan ngongsitt sdh ada pak….jadi pesan gak

  36. Sabrel says:

    klo brg di kaki suka timbul bentol/dogelan kt kwn2 di lmpg. di srh ksh sabun colet. apa ada obat lainnya pak kris…???

    • pujangga says:

      kalau disini dulu bentolnya diseset lalu dikasih minyak tanah sama injet/gamping. hanya minyak tanahnya yg sulit sekarang dan harganya seperti emas he e e . . .

  37. ROBET says:

    pa mau tanya merpati selain komet dan sewonegare ap ada lg? tolg dikabari ya pak,…,,,,,

    • pujangga says:

      ini hari pd habis mas tinggal 2 itu.kalau piyik2 br terbang byk bsk aja kalau ada dan ikuti webst ini

  38. wahyu says:

    Mas saya maunanya..

    Burung yg beraknya air, seperti mencret itu normal apa ga, kl ga normal obatnya apa, karena burung saya semenjak berak air burungnya jd kelihatan lemes, terus burung maleS makan dan jd kurus..

  39. septian says:

    gmn cara memilih burung tinggi

    • pujangga says:

      hem bang septian sebetulnya sdh ada diartikel ini hanya abang aja yg malas cari….,kalau sekedar tinggi aja gambang cari brg yg bentuknya spt bebek atau angka 2

  40. Robet says:

    salam kenal mas pujangga….,mas betul betul hebat nich peternak terlaris dan ter cepat jual merpati byk yg iri lho mas tp jg mas pawang dan betul2 menguasai merpati kalau sy pantau mulai dulu sampai sekarang comment mas ramai dan jawabnya tepat sekali…! Semoga SUKSES MAS

  41. Hersamb says:

    mas tolong bagi tips nya dunx, biar sukses di bisnis brg meskipun modal mepet!!!trims

    • pujangga says:

      mas dari mana? dan kuncinya adalah kejujuran mas dan burung yg kita ternak jg berkwalitas/berkelas juga dan jangan lupa kita juga harus memahami dan pengalaman di bidangnya, jangan lupa hrs bersyukur sama yg ngecet lombok ya

  42. Hersamb says:

    apakah warna/corak bulu brg mempengaruhi kualitas brg mas?trims

    • pujangga says:

      gak juga,masalahnya sy pernah punya brg coklat slap kanannya ada putihnya 5 sedang kirinya ada putih 2 kalau menurut katurangan brg sdh gak masuk tp buktinya brg tambah istimewa kerjanya nitik terbang kencang turun atas kepala tembus bawah gitu terus sayang ini sdh almarhum.contohnya aja perkutut bangkok kan gak ada katuranggannya

  43. Hersamb says:

    mas brg dalam setahun normalnya bisa beranak pinak berapa ya?

  44. Sabrel says:

    Brg mas punk buat genting tetangga pd rontok jdnya di tembak x ya ???

  45. Sabrel says:

    cara mengawinkan brg di mlm hari bagaimana cara yg benar,,, karna setau sy mlm bkn burung hehehehe……

    • pujangga says:

      ya di taruk dikurungan bulat yg langsung tanah sepasang2/sejodoh dan ada penerangannya he he e

  46. Sabrel says:

    waduh pak Punk kena tembaknya dmn lg ini ?
    di dada apa di sayap,,,,, maksudnya klo kena sayap kan cacat.

    • pujangga says:

      he he e brgnya mas punk jadi korban, bagaimana kalau diadakan undang2 yg punya senapan angin hrs punya jijin he he e e………….

  47. Sabrel says:

    *gmn klo orgnya saja yg di gurah biar waktu manggil brg suaranya melengking keras….. hehehe.

    *trims kiriman fotonya. bagus dan lantai di semen ya pak kris.

    *pengen tour ke kandang pujangga tp gx tau ini nyampenya kpn karna terikat pekerjaan.

    * ada waktunya nanti nyampe pak kris.

    • pujangga says:

      betul pak orgnya dulu digurah kalau teriak biar enak didengar sot sepultura he he he e e,gak begitu bgs pak hanya utk contoh aja maksudnya,oke dheh…

  48. punk says:

    klw burunk merpati tinggian ke tembak senapan angin bsa di sembuhin gug???

  49. Sabrel says:

    To Pujangga…….
    jgn bosen2 menywb tanya dr sy,
    apa guna dr pero/gurah bg brg, apa bila perlu brp bln sekali kita lakukan.
    jg sejauh apa pengaruh dan ke untungannya. hehehe tanya trus ya Mas.

    • pujangga says:

      he he e e masalah gurah itu kalau memang diperlukan aja pak sabrel kalau brg sdh bgs utk apa kita gurah tambah buang2 waktu aja he he eee…e masalah keuntunggannya pasti ada salah satunya matanya pasti ada berubahan….contohnya aja penyanyi dia gurah biar suaranya merdu,lain dgn saya yg gak pernah gurah suaranya ya spt bledex

  50. budi says:

    mas saya baru beli burung dara,gimana caranya melatih agar terbang tinggi dan nukik jam 12 terus jamu yg bagus buat burung apa.wassalam

    • pujangga says:

      pak budi dari mana? cara brg mau tinggi dan turun arah jarum jam 12 itu bertahap pak dan itu jg sifat brgnya,kalau memang siofatnya atas kepala dari jauh dikebut blm mau turun kalau blm atas kepala. masalah tinggi kalau brg itu sdh sifatnya dan sdh jauh dan mapan nantikan tinggi sendiri kalau blm mau coba digandeng sama brg untul yg bisa naikkan gandengannya. kalau jamu sy bikin sendiri….

  51. Topix says:

    Jadi gini mas brung saya yang satu nya lagi nelur ..
    Yg satu nya br dapet dr lapak sebelah ..
    Saya taruh samping kandang burung yang lama ..
    Malah ribut mulu ..
    Dah dipisahin ..
    Balik lagi 2x

  52. Agus says:

    Makasih yah mas kris atas jawabannya?

  53. Topix says:

    Mas saya mau tanya .. Boleh
    Sy br punya brng dara .. Satu punya saya satunya bleh dapat .. Dua2 nya suka ribut mas .. Gag mau ngalah apa saya harus pisahkan

    • pujangga says:

      hem itu brg kok kyak preman aja he he e, itu satu kandang laki2 apa cewek 2 kok tawur terus

  54. Agus says:

    Maaf mas kris mau tanya
    * mas brg sy pd kena penyakit goham…apakah penyakit menular ke burung lain,mslnya brg sy udh mati 5 burung!!!gmana cara pengobatan supaya brg sy sehat kembali…apakah brg semua sy umbar aja supaya kena matahari???tlg jawabanya dr mas kris.

    • pujangga says:

      lho lho gimana mas agus apa brg dr sy jg mati? 1. penyakit goham cepat menular itu sebangsa virus lewat angin seperti ayam kalau kena senotc 2.semua brg di kontrolli dulu dicium mulutnya bau gak,tandanya yg sdh bau berarti sdh kena 3. kalau yg kena lebih baik di karantina aja,maaf kalau sy tak potong dari pd nulur yg lain. 4.cara pengobatannya belikan aja ABOTLY atau SULVAFIT dan nanti bulu lehernya dibabuti aja biar gak telo. 5. diumbar lebih baik biar sehat dulu sekian trimakasih

  55. Sabrel says:

    klo mau ke Pati jateng ajak2 km jg boleh,,,,,hehehe. pengen ke kandang peternakan pujangga tp tau kpn bisanya.

    • pujangga says:

      ter gantung pak sabrel aja kalau bisa pertengahan bulan sy agak sela waktunya he he eeeeeeeee

  56. rakha siwi says:

    mo nimbrung nih pak ……..kalo pujangga BF,lokasinya di mana pak , kalo bleh tahu….. makasih

  57. Sabrel says:

    To Pujangga,,,,,,,
    Sulingan/sawangan gmn, sdh ada apa blm ?……

  58. ferry says:

    cara memilih burung dara yg bgus tu ciri2nya bagaimna…???
    klu utk supitnya tu yg bgaimna??
    bntuk kepalanya bgaimana???
    dll..
    trus 1 lgi agar burung klu di lepas suka hinggap tu caranya bgaimana…..,

    • pujangga says:

      he he e tanya kok spt org ngebrem aja, kalau ciri2 sdh ada di webs ini mas dan semua pertanyaan situ. kalau brg dilepas suka hinggap caranya sdh di jawab pak sabrel kemarin masak kurung jelas……..bawa pasar brg diganti belikan jagung ha ha ha a a a……..

  59. Ekhan says:

    gak papa pak sabrel tapi jangan byk2 cukup 2 bj dulu biar badannya vit……oh iya jgn lupa orgnya juga pak biar gak sakit kepala ha ha ha a a a……

  60. Sabrel says:

    Alhmdllh….. br plg nyusul brg sdh 2 hr gx plg mental. br mlm ini ke pegang. kasian Pattimura dua hr melanglang dr desa ke desa mencari jln plg ke lokasi kolongan tersesat. sdh di upayakan utk di tangkap di lokasi kolongan jarak 10 km dari lokasi kami tdk mau di pegang. sukurlah msh milik skrg dah cmpr lg dgn jodohnya. langsung sembuh sakit kepala. hehehe.
    sanggannya hilang sy ksh jamu gx papa kan pak ya. biar lelahnya sembuh. 2 hr ndak makan……

  61. iya nih…..
    mending nunggu dlu…

  62. Sabrel says:

    bantuin Mas Ekhan jwb Mas dafaa.
    brg tugasnya terbang klo lg utk main, jd klo brg nyangsang melulu ada kemungkinan :
    # brg lg gx fit
    # brg lg mabung
    # emang sdh tabiat brg pemalas.
    sy pernah miliki brg begitu, jadi jln terbaik terbangkan ke pasar uangnya utk beli jagung…. hehehe
    kita tunggu mungkin ada jawaban mas ekhan atau dr pujangga yg lbh akurat.

  63. Sabrel says:

    Mas dafaa,,,,,
    maksudnya brg piyek bulu syp br lepas 5. karna brg sy bulu syp dr bodol/lepas bulu sayap 3 sdh jodoh dan sangan/keket keras dan sdh sy latih terbang.

  64. mas ekhan……..
    kalau merpati terbangnya nyangsang melulu knp yah…???
    thanks kalau dijawab…

  65. mas sabrel….
    maksudnya br bulu 5 itu apa..??

  66. Sabrel says:

    mksh mas ekhan,,,,, masukannya ttg usia dan bulu brg…
    pernah melihat apa pernah memiliki ini ???
    jwbn mas ekhan utk mas dafaa bener itu…. ne sy jg lg ngebut melatih brg piyekan br bulu 5.

  67. Ekhan says:

    mas dafaa,itu prosesnya lama dan perlu kesabaran dan perasaan kita sama merpati.jangan merpati ngikutti kita tapi kita yg ngikuti kesenangan ,kemauan dan perasaan merpati dari merawat,jodoh, lar, danngebut waktu dilatih.

  68. Ekhan says:

    he he e sdh dijawab pak sabrel mas tahta !!!

  69. Ekhan says:

    he e e resepnya daun kelor ya pak sabrel……., utk umur brg masih mampu utk lomba itu gak nentu pak sabrel tinggal perawatan kita dan kondisinya brg. ada yg sdh rampas 3 kali tp msh juara jg bisa sepanjang brg gak sering ngeloloh anaknya dan kondisi nafas msh kuat. tapi pd umumnya sdh rampas 3 kali sdh turun dari arena ! malu dong pak kekek2 disuruh lari he he e…..

  70. Sabrel says:

    pujangga,,,,,
    ni sy mau tanya, sdh sy cr dr artikel atau forum konsultasi tdk sy temukan….
    #sampai umur brp thn brg mampu terbang mengikuti lomba.
    #ada tdk brg sdh rampas ke 2 atau ke 3 msh mampu utk kans juara.

  71. Sabrel says:

    sejak pakai jamu dr pujangga brg2 sy jd perhitungan kwn2,
    sanggan keras,,,, terbang tinggi,,,,turun kencang,,,,ujung2nya pd tanya pake apa kok brg pd berubah hehehehe…. ya sy jwb mandiin pake daun kelor hahahaha.

  72. tahta rizky says:

    mas, gmn cara nya buat merpati agar bisa turun nya kencang

  73. mas saya mau nanya tentang burung merpati tinggi…
    cara melepaskan merpati supaya tinggi and nukik searah jam 12.00 itu gimana..???
    thanks…

  74. Sabrel says:

    Brg gx sanggan keket bnyk penyebabnya
    # jodoh tdk suka/tdk cocok.
    # brg kurang jemur.
    # jamu atau dopping kurang.
    # brg kurang sehat jg bisa tdk keket.

  75. Ekhan says:

    beli dimana mas dipa dan coba diganti perempauannya dan dikawinkan malam hari

  76. dipa says:

    mas burung dara saya kok gak giring ngeket

  77. Sabrel says:

    40 hr mandi pake daun kelor, bknnya sanggan keket sakit malah ada x. hehehehe.
    tp sy sangat2 trima ksh sm pujangga,,,, dgn semua artikel yg sy baca sangat2 membantu sy dlm pemilihan dan pemeliharaan brg. ini pengalaman br sy walau blm sepenuhnya sy kuasai.
    susah musim hjn mau nglth…., padal pd sanggan, klo tdk terlatih karna musim hjn apa tetap jamu di berikan tetapi brg tdk terbang.

    • pujangga says:

      he he e pak sabrel……….,khan mandinya gak tiap hari…… dan jgn pd musim gini kalau kemarau aja…boleh di coba tapi susahnya kalau jodohnya meninggal sulit dijodoi. kalau musim hujan brg gak dilatih setel pemberiannya jamu dikurangi aja pak kalau biasanya 5bj setelah bongkar dan 3 bj setelah brg kerja/terbang di drop kan dulu 1bj aja tiap hari kecuali angkrem total gak usah pak.

  78. Sabrel says:

    solusi di mandikan dgn daun kelor, ini becanda apa beneran ya,,,,,,,, hahahahahaha

  79. sabrel says:

    Tks petujuknya….. akan sy laksanakan petujuknya. ini td mlm cbt telur karna piyek bulu lepas 5 br x ini sy punya dah jdh dan nelur prmpnnya, mdh2an sy tdk slh latih.

  80. sabrel says:

    pujangga…..
    klo di pati pelepasan brapa kilo jaraknya ? Dan pada pakai sulingan tdk, susah mantau datangnya burung walau sdh pakai radio karna sangat tingginya burung datang. padahal pelepasan br 3 km.

    • pujangga says:

      kalau disini pelepasan 3 km dan pakai sulingan tapi kalau di marina gak pakai sulingan kita pantau jalur kebiasaan brg datang aja pak pasti kelihatan.

  81. sabrel says:

    sy br dpt brg…… tp msh bahan br lepas 5 bulunya, tp sanggannya kok bgs. na skrg apa yg hrs sy lakukan ?
    1. apakah terus sy lth asal terbang saja.
    2. apakah sy istirahatkan di kepar dalam kandang
    hingga bulunya sls penjawat.

    kayaknya ini burung masa depan di kandang sabrel. hehehe

    • pujangga says:

      gini pak sabrel,itu brg mau dilatih apa ada rencana diternak? kalau dilatih posisi lar 5 itu pas pak soalnya kalau sdh penjawat lepas itu terlambat latihnya akhirnya kita kesulitan latih.diusahakan mulai awal dilempar2 jarak 1meter harus tepat betinanya kunci utama burung jadi di dasar awal kita latih….. semoga sabar ya pak!!!!!!!!!!

  82. sabrel says:

    To pujangga…..
    Alhmdllh, utk penggemar dan pelestari brg merpati khususnya merpati kolongan di lampung cukup mendapat respon cukup baik dan tumbuh kalangan seperti jamur. hehehehe.
    yg buat sy senang kwn2 dr segala penjuru desa dan beberapa kecamatan berdatangan ke kalangan/kolongan kami.

    • pujangga says:

      salam juga pak sabrel semoga sukses.akhir2 ini penggemar/hobi dan pelestari burung merpati tinggian khususnya perkembangannya sangat pesat sekali ditanah air ini ,semoga dilampung begitu pula…… wasalam.

  83. sabrel says:

    pujangga……..

    klo sulingan sdh dpt/sdh ada ksh kbr sabrel ya…… sy ada minat.

    • pujangga says:

      ya pak, yg jadi gejala hanya bahannya kayu cangkring aja yg kesulitan

    • pujangga says:

      MAS IDO……KAMI TDK MERASA PETERNAK TERBAIK DAN KAMI HANYA DI WEBST INI PETERNAK BERKWALITAS MAKSUTNYA KITA MENJAGA KWALITAS HASIL TERNAKKAN KAMI.KALAU MAS BILANG PUJANGGA PETERNAK TERBAIK ITUKAN PENILAIAN MAS SENDIRI DAN ORANG 2. BAGI SAYA BIAR ORANG2 SENDIRI YG MENILAI DAN YG PENTING BUKTI LAPANGAN KERJA BURUNG TERNAKAN KAMI. ADA PEPATAH DIATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT…….ITU PRINSIP KAMI BIAR TIEM KAMI GAK SOMBONG.kami juga masih butuh saran dan masukan dari para senior2 yg mungkin lebih berpengalaman. memang sih byk rekan2 bilang begitu tapi bagi saya gak punya pikiran atau niat begitu….oke mas IDO.

  84. sabrel says:

    buat kwn2 pecinta brg merpati tinggi, gx usah susah2 buat jamu, minta krm dari pujangga beres.
    Buat pujangga jamu sdh sy berikan berdasarkan petunjuk ternyata cocok dan sanggan brg keras. trims bnyk bila stok nipis nanti sy minta kirim lg……

  85. satriawan says:

    bagai mana cara biking jamu “satriawan di makkasar”

  86. Mijo says:

    Mas . . .kpn turun k pngandran?

  87. sabrel says:

    jamu dah nyampe.
    saya suka dengan sawangan/sulingan, yg kecil bentuknya. nti saya transfer biayanya. trims

  88. sabrel says:

    maksud sy tentang bulu leher.
    ada yg halus kecil2 bulunya dan ada yg besar ukuran dr biasanya di banding bulu yg halus kalo di pegang terasa kasar.
    klo pak agung baca, klo blh tau di lampung di mana alamatnya ? sy di pesawaran Pak agung.

  89. sabrel says:

    apa perbedaan bulu leher yang halus dan kasar ? saya harus pilih yang mana?.

  90. fauzan says:

    cara merawat burung mabung gimana?

  91. akmal says:

    bagaimana memilih burung dara yang bagus

  92. sabrel says:

    ok mas….. gmn caranya sy mendapatkan jamu dari pujangga ? perlu tdk selain jamu kita ksh dopping ? klo blh kita gunakan apa ?

    • pujangga says:

      mas sabrel, utk jamu uang ditranfers dulu. kalau sdh pakai jamu gak perlu doping lagi

  93. sabrel says:

    mas sy baca komentar anda terdahulu. tentang ganti jodoh. apakah ganti jodoh dengan warna yg sama atau boleh warna lain agar burung tetap sanggan bgs dgn betina bertelur teratur, berapa lama kita sendirikan/asingkan agar cepat jodoh.

    • pujangga says:

      mas sabrel, utk ganti jodoh diusahakan agar burung jantannya senang sama betinanya caranya kita masukkan betina dengan warna macam2 nanti dia yg mana yg di bancak i/bekur. jadi tdk harus sama jodoh terdahulunya,yg penting nelurnya rutin dan teratur. untuk sementara disendirikan 2 sampai 4 hari dan di kasih jamu atau kencur sebesar jagung sehari 5 bj oke mas sabrel hee eeee eeee…….

  94. johan says:

    mas burung sdh giring Mas klo bisa dikirim sample jamu doping buat ngadu via pos, ok trims .

  95. riga says:

    mas slam knal, aq bru main brung dara… kira2 gmna pngelatih untuk brung tinggi agar turunya bisa kencang

    • pujangga says:

      Mas RIGA,burung bisa turun kencang itu pertama tama sudah dari karakter/mental dari burung.makanya kalau cari burung yg turunnya kencang di lihat dari trah darah, dari sayapnya,dari supitannya,kakinya dan tulang sayapnya dll.

  96. Fajri F says:

    gimana cara rawat burung yg baik dan menjadi burung yg sangat bagus,, bagaimana cara buat jamu buat burung…..????? mohon bantuan nya dan terimakasih

  97. rivaldo says:

    mas,bagaimana ciri2 burung tinggi

    • pujangga says:

      mas rivaldo,yg dimaksud tinggi sj apa lengkap.kalau tinggi sj cari brg yg ciri 2 nya spt bebek kalau jalan.

  98. Rian says:

    mas makanan burung merpati tinggian apa ya????

    • pujangga says:

      oke mas rian,utk merpati kalau dilatih makannya jagung kuning,beras merah dans sekali tempo kacang hijau atau kacang tanah.utk ternak dikasih makan kacang hijau dan jagung super biar bergizi ha ha a……

  99. muihammad says:

    burung merpati bisa dnilai mahal dilihat dari apanya.

    • pujangga says:

      wah namanya seni mas,dari terbang,turun, dan landas. lha mas senang cewek dilihat apanya? ha ha a a…….

  100. aziz says:

    mas khusus jamu apa yg harus di berikan ke burung merpari

  101. pujangga says:

    bro lepay yg cakep he he he…….,1.jantannya senang sama betinanya 2.betinanya nelurnya rutin 3.angkremnya cukup/teratur waktu bongkar 4.dikawinkan malam hari. 5.tenggaran cukup 6.brg jangan diliarkan.dan yg penting lagi perawatannya

  102. pujangga says:

    mas boy dari daerah mana nech, untuk burung yg tinggi bahkan sampai masuk mega itu banyak mas tapi di era jaman sekarang yg dicari burung terbangnya kencang, tinggi sampai nitik turun jam 12(diatas kepala),posisi turun kencang diatas dankencang dibawah sampai landas itu baru burung mas he he e e kalau gak salah burung mas gak ada trah darahnya atau keketnya kurang kencang. coba di pahami dari artikel saya ini PERBEDAAN MERPATI TINGGIAN TRAH DARAH DENGAN BIASA gitu lho mas oke……….

  103. pujangga says:

    ya itu mas boy penyebabnya,lebih baik diganti perempuannya yang nelurnya rutin dan dicoba dikawinkan malam hari. kalau perlu dikasih doping jamu yg laki dan yg perempuan biar nelurnya rutin oke…….

  104. pujangga says:

    coba diganti jodonya dulu dan waktu latih hrs keket/giring kencang dan waktu lepas dilempar keatas jangan nyamping kalau bisa gandeng dulu dan gandengannya dilemparkan dulu br brg mas yg mlencok itu dilepas.selisih lepas jangan lama2 jadi untulnya dilempar br brg mas itu,jangan setres mas banyak brg bagus kok.dulu mas beli dimana brg ?

  105. pujangga says:

    warna gak ada jaminannya.yg penting dilihat ciri2 dan trah brg aja

  106. pujangga says:

    utk piyik dewasa itu gak nentu mas tergantung sama indukannya.semakin tua indukannya semakin bagus anaknya dari fisiknya akas dan cepat bongkrak/bancak/bekur… oke

  107. kamal says:

    trim’s Mas kris…
    Rp. 20rb utk jamu apa sudah termasuk ongkos kirim?
    trus kirimnya melalui apa ?
    oh..ya Mas anakan Supermen (singo barong)sudah jauh nih…cuma turunya terlalu kenceng jadi terkadang mental…!

  108. Sabrel says:

    Benar itu Mas Kamal…. coba dopping dgn janu mas Plolong. klo dah di ksh jamu dan di kawinkan mlm msh aja tdk giring2 ya udah ceraikan saja trus ganti jodohnya.msh saja brati tu brg kanjeng doso,,,, hehehehe

  109. jarosta says:

    mas gmn cara menggiringkan yang bagus supaya ngeket

  110. kamal says:

    tolong no rekening nya Mas Kris…kalo bisa di BII / mandiri

  111. kamal says:

    Salam kenal Mas Sabrel,…mau tanya nih sama mas Sabrel dan Mas Kris Pujangga burung ternakan saya kalo lagi ngeloloh, sukanya ngacak-ngacak dapur, padahal makanan cukup, kenapa ya Mas…?

  112. tio says:

    mas jual brg tinggi g? yg sanggan giring!
    kalo ada berapa harganya?

  113. pujangga says:

    di coba aja 1bj tiap hari pak gimana…..? nanti kalau sdh bgs 2bj danseterusnya……..,jamu khan jg untuk nafas jg pak….

  114. benny says:

    5 bungkus, kl bisa segede kcg tanah ya

  115. pujangga says:

    oke pak benny,ini br sy suruh anak2 buat jamunya biar joss…..

  116. Sabrel says:

    sama pak kris, nilai sy jeblok dulu sekolahnya. hehehehe… makanya sy maen brg tidak jadi juru bicara kepresidenan. hehehehe

  117. pujangga says:

    to back speak jawi aja ha a a a…..

  118. Sabrel says:

    kalo dah jadi obat utk brg sakit kabari saya pak kris…. brg sy tdk ter tolong sdh 2 ekor ini.

  119. pujangga says:

    apa pak sabrel mau pesan? kita bikin kalau sdh ada pesanan pak.

  120. Sabrel says:

    biaya hari rabu sy tranfer pak kris. 5 bks obat sakit dan 5 bks jamunya.

  121. pujangga says:

    oke pak,trimks

  122. pujangga says:

    komposisi sdh ada pd brosurnya.

  • pujangga says: arus apa mas on June 2, 2018 - 19:57
    lihat 43 komentar lainnya »
  • Kalok anak merpati badanya terluka arus di apakan di ambil/di biarkn says: ... on June 1, 2018 - 15:35
    lihat 43 komentar lainnya »
  • pujangga says: ya mas on May 21, 2018 - 12:35
    lihat 4 komentar lainnya »
  • Kuswandi jr says: Itu buat semua jenis burung gk Om soal y... on May 17, 2018 - 20:09
    lihat 4 komentar lainnya »
  • pujangga says: spt di link ini mas. on April 25, 2018 - 05:34
    lihat 43 komentar lainnya »
  • pujangga says: tinggi full atas pala bwah slep ( rapi ) on April 25, 2018 - 05:34
    lihat 4 komentar lainnya »
  • pujangga says: ya mas on April 25, 2018 - 05:32
    lihat 17 komentar lainnya »
  • Ami says: Ini londo ketemu RJN ya pak? Karakternya gmn pak... on April 19, 2018 - 09:19
    lihat 4 komentar lainnya »
  • Ami says: Satria piningit modelnya kayak penguasa gini... on April 19, 2018 - 09:11
    lihat 17 komentar lainnya »
  • RANGGA says: Pak saya mau tanya bagaimana cara... on February 26, 2018 - 18:54
    lihat 43 komentar lainnya »


    ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

    Tahukah Anda..?

    Sebagian besar tips dan cerita menarik mengenai Burung Merpati justru tercurah melalui setiap Komentar Pengunjung yang selama ini ditinggalkan dan kami respon.
    Baca dan jangan lewatkan setiap komentar yang sudah terpublikasi di pujanggapati.com
                                Selamat Menikmati :)
    « Kembali ke Atas »