penjual dan peternak burung merpati tinggian berkelas

. .

CARA PERAWATAN MERPATI PLAYER

Posted by pujangga On May - 8 - 2014

Di sini kita menguraikan cara merawat merpati Player yg di kandang macan atau dalam gupon secara ringkas  dan umum, mudah2an bisa mudah di pahami dan berguna bagi para pembaca .

Ada beberapa tahapan yg kita uraikan :

1.Merpati posisi waktu angkrem.

2.Merpati posisi cabut telor ( bongkar telor )

3.Merpati posisi giring atau sanggan.

pertama -tama kita awali dari no 1 ( cara merawat merpati posisi waktu angkrem ). Dalam posisi brg angkrem  jangan di mandikan sebab nantinya bisa 2 brg tdk mau angkrem lagi dan bisa 2 bikin giringan  berikutnya kurang bagus. utk jemuran tiap harinya bisa kita jemur bergantian sama betinanya gk perlu lama2 cumup 1/2 jam aja kalau memang perlu tambahan vitamin dan minyak ikan tdk papa dan jangan di jamu ( obat ) yg fungsinya mempercepat giring.

2. Posisi merpati bongkar  TELOR ( cabut telor )utk bongkaran telor kita sesuaikan dengan kondisi cepat tdknya tiap brg lain2 contah ada brg yg begitu bongkar bsknya sdh giring  dan ada lagi brg yg kita bongkar ini hari  baru bisa giring 2 sampai 3 hari bahkan lebih. dgn begitu perawat bisa tau sifat dan karakter tiap player2 nya satu persatu  utk bisa jadwal di posisi giringan A atau B. pada umumnya merpati angkrem 1 minggu baru kita bongkar.sesuai jadwal dan kecepatan waktu giring, kalau memang sehari sdh giring  kita perlama waktu angkrem biar pas sama jadwal giringnya. Posisi brg bongkar telor pagi hari kita mandikan dan kita sampo  pakai semprotan sampai basah kuyup antara jantan dan betinanya kegunaan sampo biar kutu 2 yg ada setelah angkrem pada meninggal dan brg kelihatan bersih dan sehat. Jgn lupa kita bersihkan kaki dan kukunya dari kotoran yg menempel .setelah kita mandikan kita jemur 2 sampai 3 jam pakai dondang atas bawah sesuai kondisi dan ketahanan individu masing2 brg.  setelah jemuran cukup dan kering  kita pindah ke kandang macan atau sangkar di tempat yg teduh biar angin2 dan kawin2 dulu sekitar 15 menit  baru kita kasih makan dan minum setelah itu baru kita masukkan gupon. posisi sore hari kita keluarkan dr gupon  biar angin2dan kawin 2 lg setelah cukup kita doping sama jamu (obat ) baru kita kasih makan dan minum, kegiatan ini kita ulangi hari berikutnya sampai brg posisi giring dan siap latih.

3. Merpati posisi sdh giring ( sanggan ).

aktifitas ini hampir sama no 2 diatas posisi pagi hari hanya ada perbedaan cara jemur, mandi dan makan. di sini kita uraikan : brg kita mandikan dgn semprotan tapi bedanya jangan basah kuyup hanya di semprot sedikit2 aja  ( sibin) kaki2 di kuku kita bersihkan dgn air biar gk ada kotoran yg melekat setelah itu kita jemur pakai dondang jantan di atas betina di bawah jemuran jangan sampai lama2 sebab  nanti kalau di latih ( kerja ) brg biar tdk kehabisan tenaga.begitu bulu2 sdh kering kita pindah ke sangkar atau kandang macan biar angin2 dan kawin setelah itu kita beri makan 4 biji kacang tanah dan minum secukupnya aja jgn terlalu banyak. baru kita masukkan gupon . pada waktunya latih sore atau siang sebelum brangkat ke kolong ( lapak ) kita keluarkan dulu di sangkar biar kebyak2 ( angin ) dan berak sekitar 10 menit baru kita mskkan dondang  kita bawa ke lapak ( kolong ).

sepulang dari latihan kita kawin2kan dan kita jamu ( obat ) kita masih makan dan minum stlh itu kita masukkan gupon begitu seterusnya hari2 berikutnya. begitu brg nelor dan angkrem kembali lg di cara perawatan no 1 di atas.

Maaf sebelumnya jika uraian di atas ada kurang lebihnya  silahkan di tambahi dan ada kata dan kalimat yg kurang berkenan. trimakasih …

BY. KRISTONO.

Hasil masukan kata kunci dalam Search Engine :

perawatan merpati player - cara merawat merpati player - merpati baru beli giring terus hilang giringnya - merpati player - jadwal cabut telur burung merpati tinggi - merawat merpati kolong setelah cabut telur - prawatan merpai tinggian saat angkrem - cara makan burung dara pleyer - cara buat kandang merpati player - cara perawatan merpati balap player -
YANG ANDA LIHAT ADALAH KATEGORI Artikel

23 Responses to “CARA PERAWATAN MERPATI PLAYER”

  1. junior says:

    trimaksih banyak om saya coba mudah2han berhasil..

  2. Wiro says:

    P de sya mau tanya sya pnya player tp tdk mau giring tempel solusiy gimana supaya mau tempel? apa krn pengaruh indukan terlalu muda ? suwon jwb y

    • pujangga says:

      maaf br sempat buka webt mas he e e e e……..
      bisa jg dari faktor indukan yg terlalu muda bisa jg sdh karakternya mas. tp solusinya coba di embunkan di dondang jantan di atas betina di bawah mulai jam 5 sore matahari terbenam sampai jam 7 mlm langit sdh gelap. di letakkan di tempat yg terbuka langsung loss langit yg tdk terhalang. tiap hari mulai brg angkat giring sampai angkrem berhenti di lanjutkan terus minim sampai 3 giringan.
      dengan byk yg tanya masalah ini nanti sy buatkan artikel aja pas sy ada waktu luang ….!!!!

  3. marino says:

    Asalamu alaikum pak de, saya mau tanya pak, ada pengaruhnya gak kalau player akrem terlalu lama?? dan apakah benar kalau player sampai meloloh akan berkurang tenaganya?? Karena sibuk kerja dan tidak sempat tuk melatih burung, saya biarkan angkrem hampir 2 minggu… trima kasih sebelumnya

    • pujangga says:

      kalau cuman satu bongkar telor tdk papa dan tdk bgt pengaruh. iya tenaga sdh mulai berkurang bs kembali dgn latihan extra

  4. imam says:

    Harga perbotol berapa pak? Dan batas pembelian berapa botol pak?

  5. imam says:

    Terima kasih pak sebelum’a atas saran’a..
    Nanti bakalan saya coa pak, dengan cara seperti itu, kalau pake jamu, pakai jamu apa pak yg tepat, dan bapak jual jamu itu tidak pak?

  6. yudha/yoyo says:

    Klo dkasih kacang tanah setiap hari kaah pda saat brg giring

    • pujangga says:

      ya lbh bgs buat tenaga tp pd pagi harinya malamnya spt biasa aja jagung sm beras merah sdh cukup

  7. imam says:

    Ass..
    Saya mau tanya pak, saya punya burung, saya yakin pak burung itu burung hebat, bahkan belum lama ini juara tournament pak dilapak tomprank tempat saya main, burung ini belum pernah kalah pak, tapi saya sering tersindir karena burung ini kalau dapet lawan yg terbang’a sampai alus nitik gamau gandeng pak, bahkan pernah dapet lawan yg sampai alus nitik ga gandeng bahkan sampai diulang 2 kali tetep gamau gandeng dan akhir’a menang karena duluan pulang pak, saya ingin burung jagoan saya ini mau ikut alus juga pak, dan ga ngerubah gaya terbang dan turun’a dia pak tetap seperti biasa kira2 gimana cara’a ya pak? Mohon solusi’a pak?

    • pujangga says:

      mungkin memang sdh karakternya dgn terbang ketinggian segitu seumpama mau gandeng sampai nitik (gremet) yg di khawatirkan tambah brg hilang atau gk mau turun spt karakter2 cara kerja spt biasanya. coba di doping sm obat atau jamu 2 mungkin ada perubahan dan latihannya sering di gandeng sm brg yg halus ( nitik ) gandeng gk gandeng tetap sm gandengannya itu terus lama2 nanti khan gandeng sendiri itu kalau memang brg punya karakter nitik alus ( gremet ).

  8. Mr.jun says:

    Ya pakde
    Swon

  9. Mr.jun says:

    Kpn waktu or brapa hari se x diksh vitamin pakde?

  10. Mr.jun says:

    Kl yg tablet seberapa pakde?
    Beda menunya apa ya…
    3thn yg lalu sering betul juara tp sempet of n mulai lagi 1 thn ini tp baru se x dpt ampaw tp plolong n N.power memang bkin super power stutnya

    • pujangga says:

      kalau yg tabs 1/2 tabs sehari sekali di berikan seminggu 2 kali aja. utk pemakain obat2an yg mengandung bahan kimia kurang bgs buat brg merpati.

  11. Mr.jun says:

    1.Ksh vitamin apa pakde?
    Caviplex bs g n dosisnya seberapa?
    2.Kandang macan = box 70×50 cm
    Masukan gupon = dibekep ya pakde?
    3.Mkn sore or malem menunya apa ya pakde biar tenaga super power selain kt jamu plolong + N.Power
    Menu angkrem n setelah bongkar sama g?
    Swon pakde

    • pujangga says:

      1.pakai caviplek jg bisa yg drop ( tetes ) di kasih 2 tetes di campur di air minumnya.
      2.sdh bgs.
      3.buat paginya kasih kacang tanah 8 bj. dan mlmnya jagung dan beras merah.
      4.beda.

  12. arif cjr says:

    Maaf mas kris mau tanya seputaran giringan
    1.sya punya bahan 1 ekor udah mau rampas tp blum brancak/beger full,,kira2 biar cpet brancak d gimanakan?
    2.ada lagi bahan 1 pasang,kawin rajin,udah masuk 2 giringan,bru latih naik turun dondang, ,cuma kalo giring jantan nya ga mau nempel ke betina, ,karena jantannya agak giras
    biar mau tempel ke betina,mesti gimana tuh mas, ,ganti betina kah, ,atau gimana?
    mohon masukannya mas, ,matur suwun

    • pujangga says:

      1. sering di mandikan dan di jemur agak lama dgn cacatan ada matahari. kasih kencur tiap hari 3 butir jagung,
      2. sering di mandikan pd wkt giring jgn basah kuyup dan brg yg di umbar jemuran kurang lebih 3 jam habis bongkar telur, kasih ubi rumbut teki 2 btr

      • Junior says:

        Aslmmualaikum om,merpati saya udah rajin masuk kolong tpi turunya jauh sama perempuanya mohon bgi pengalaman & solusinya om ..

        • pujangga says:

          walaikum salam mas, itu ada beberapa faktor :
          1. brg tdk giring kenceng di latih.
          2.brg dari bahan latih awalnya yg salah.
          3. ganti kostum .
          4. sering gonta ganti joki.
          5. cara ngeleber dan jatuhnya ke tanah yg salah.
          6. brg blm ada tenaga keburu di olor.
          7. memang sdh karakternya.
          kebanyakan dan umumnya salah pd awal latih dasar mulai giring pertama.,brg kenceng cara ngleber / ngeplek betina di arahkan ke samping entah kanan (kiri ) dr posisi badan kita dan pd akhirnya brg msk ke betina jatuh ke belakang krn posisi msh tarik 2 terbang kenceng dgn tembak kenceng. yg btl di kebut dgn betina di posisi depan badan kita biar nahan kecepatan dan terbiasa tepat ke betina nanti kalau sdh posisi brg lepasan jauh dan naik apa lg bisa msk kolong berarti brg posisi jatuh sdh tdk nembak nyamping dia akan tepat kebetina.
          solusinya di latih awal lg pas brg habis istirahat ( mabung, ambrol atau penjawat ) spt yg sy uraikan di atas.
          solusinya

Kotak Komentar



  • pujangga says: hampir sama. on November 18, 2016 - 23:03
    lihat 44 komentar lainnya »
  • sande says: serem tampangnya pak, kalo weleh2 sama... on November 17, 2016 - 11:07
    lihat 44 komentar lainnya »
  • pujangga says: habis di olah ragakan br di tangkarkan /... on November 17, 2016 - 10:55
    lihat 44 komentar lainnya »
  • Affan Feros says: Kapan bisa punya ank nya ini ya… on November 16, 2016 - 23:34
    lihat 44 komentar lainnya »
  • pujangga says: bukan mas. ring itu sy gk punya ( alias... on November 6, 2016 - 20:28
    lihat 31 komentar lainnya »
  • alfredo taliwongso says: sy punya burung pakai... on November 1, 2016 - 00:15
    lihat 31 komentar lainnya »
  • pujangga says: siap mas on October 18, 2016 - 22:17
    lihat 33 komentar lainnya »
  • pujangga says: ya mas. on October 18, 2016 - 22:15
    lihat 15 komentar lainnya »
  • pujangga says: uang di tranfs dulu ke rek yg ada di web... on October 18, 2016 - 22:12
    lihat 610 komentar lainnya »
  • markus says: Mlm lg paD maaf sy lewat web,soalnya hp sy... on October 15, 2016 - 19:10
    lihat 61 komentar lainnya »


    ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

    Tahukah Anda..?

    Sebagian besar tips dan cerita menarik mengenai Burung Merpati justru tercurah melalui setiap Komentar Pengunjung yang selama ini ditinggalkan dan kami respon.
    Baca dan jangan lewatkan setiap komentar yang sudah terpublikasi di pujanggapati.com
                                Selamat Menikmati :)
    « Kembali ke Atas »