penjual dan peternak burung merpati tinggian berkelas

. .

Beberapa Perbedaan burung tinggian biasa / liar dan burung tinggian yang punya trah darah.

Trah Darah Merpati Biasa / Liar
  1. terbang kecepatan kencang dan biasanya terbangnya bergaya seperti orang renang gaya punggung ( monting kanan kiri ).

  2. kalau burung sudah jadi begitu dilepas dua kali putaran terbang sudah tinggi dan baru mengarah ke lokasi .

  3. jika turun atau menukik dengan kecepatan tinggi dan berambisi untuk mengalahkan lawannya.

  4. burung yang bagus jika turun posisi turun diantara posisi jam 11 hingga jam 12 diatas kepala dan sampai bawah akan mental lapak / matras .

  5. burung saat terbang ataupun turun berambisi untuk menang.

  6. burung bisa tinggi sekali bahkan sampai tidak kelihatan ( masuk awan / mega ).

  7. biasanya burung trah darah / burung ternak harganya lebih berkelas atau bergengsi.
  1. terbang biasa atau bahkan ada yang kencang tetapi tidak berambisi mendahului lawannya.

  2. burung begitu dilepas banyak mutar2nya dan mencapai ketinggian dalam waktu yang lama.

  3. jika turun atau menukik dengan kecepatan randah atau pelan dan tidak berambisi untuk mengalahkan lawannya.

  4. burung tidak mempunyai mental juara.

  5. waktu menukik atau turun biasanya sampai bawah kira kira setinggi genting rumah burung sudah mengerem.

  6. burung bisa tinggi sekali bahkan sampai tidak kelihatan ( masuk di awan / mega ).

  7. burung biasa harganya lebih murah seperti burung liar.

Saran dan Masukan dari Team Pujangga Pati :

  • Kalau cari burung untuk lomba lebih bagus mencari burung yang trah darah ( ternak ) karena banyak peternak burung merpati tinggian di Indonesia ini yang hasil ternakannya bagus bagus dan bergengsi.
  • Walaupun burung dengan trah bagus atau super tetapi dalam cara perawatan dan melatihnya kurang pas ( jelek ) maka akan mempengaruhi kinerja dari burung tersebut ( kebagusan atau keunggulana dari burung tersebut akan berkurang) dan tidak menghasilkan kerja yang maksimal.

Hasil masukan kata kunci dalam Search Engine :

burung tinggian - burung merpati ring gudang garam - merpati liar - ring gudang garam - burung dara ring GUDANG GARAM - Perbedaan merpati balap dan merpati biasa - merpati tinggi gudang garam - merpati aduan pulomas - Merpati sering nemplok - burung dara Liar -
YANG ANDA LIHAT ADALAH KATEGORI Artikel

49 Responses to “Perbedaan burung tinggian biasa / liar dan burung tinggian yang punya trah darah”

  1. reynaldy says:

    pak de , burung saya kok bisa bertelur sampat tiga butir ,awalnya ia bertelur 1 dan saya cabut pak de ,trus beberapa minggu ia giring dan bertelur lagi , keluar 1 butir ,2hari kemudian keluar 1 lagi , dan esoknya keluar 1 lagi pak de ,yang terakhir telurnya lebih besar dari yang lain pak d ,gimana tuh pak d indukanya jantan matanya lain sebelah dan yang betina badanya besar kayak jantan ,mohon dibalas pak de
    trimakasih

  2. adi_tangerang says:

    ilmu itu mahal,kurang baik dari mana coba pak D kris sama kita semua,bisa saling memberi solusi,dari hal yang sepel ampe yg luar biasa,Weshhhh, ? ?uuªªªªn†ªªªªª?? ,salama knl n sukses to semuan n pujangga bf,amin

  3. Eko _kendal says:

    Pak kalo supitan keras tapi agak renggang,apa pengaruh pada kinerja burung?

  4. yoyo says:

    mlm pak dhe kriss,mo tanya nh pak,apa anak brung balap bisa di tinggikan pak??saya denger2 bnyak pemain brung balap yg di tinggikan krn sdh kehabisan lahan utk latihnya hehehehhehehe
    biasanya main di mejaan pak dhe jd brungnya pd ngejablay smua wkwkwkwkwkwkwk….

    • pujangga says:

      bisa aja kalau mau tinggi gk brani turun alias mutar2 spt obat nyamuk.

      • yoyo says:

        mlm,,bner bgt pak dhe trunnya muter2 kya obat nyamuk,orng yg punya brungnya ngelepekin smp pegel tp blm trun2 brungnya hehehehehe,td sya hbis ngeliat di lapak meja brung blap di tinggiin ya jdnya kya gt wkwkwkwkwkwk

  5. yoyo says:

    pak kris mau tnya nh,,pak sblm tepos kna tello itu brng ga knapa2 dgn awal mata buram sblah trs ga lma pala mutar tp ga parah,kta orng itu nmanya goham dlm pak,apa bner pak itu goham dlm???? klo di bersikan pakai abothyl caranya gmna th pak,,mohom solusinya

  6. yoyo says:

    mlm pak kriss,,pak klo brung udh 5hri kerja trs blm nelur kan di ganjal telur itu kra2 brp hri pak ganjel telurnya???? klo brung msh gring kras apa boleh latih lg stlah ganjel telur?????? mohon penjelasannnya pak kriss

  7. Iqbal says:

    Wah rame nih, sekedar sharing. Ada ciri tambahan:burung yg daya tempuh terbang yg jauh,biasanya memiliki sendi antara badan dan ekor(daerah tunggir) tidak goyang ketika digerakkan kiri/kanan.untuk burung yg mau mendahului lawan,tidak nempel terus: sendi antara kepala dan leher lentur(tidak menahan) wallahu a’lam.

  8. Deny says:

    Salam kenal mas,mau tanya kalau burung dilepas cukup sering nemplok dulu walaupun masih giring,itu atasinya gimana ya? kalau beli burung dipasar apa mesti selalu burung “gagal”? walaupun semua kriteria burung bagus sudah memenuhi syarat tapi tidak jelas trahnya..karna burung di pasar harganya cukup murah,itu aja mas terima kasih sebelumnya atas jawabannya.

    • bawono Lintang says:

      Mohon maaf. Saya hanya pemain baru yg ingun bantu
      Mungkin terdengar aneh. Tapi kalo burung menclok mulu biasanya sebelum dilepas disentil2 ringan aja sampai 10 kali.
      Maksutnya biar mau terbang.
      Dan sampai saat ini mwtodw itu berhasil. :)

  9. Imam says:

    Pak,sy mau tnya,
    sy waktu itu pernah beli burung,udh saya krem 1 minggu lbh,tp pas sy lepas 8 mnit kmudian dy trbang,trbang ke asalnya k tmpat prternak yg sy beli brgnya,sy mw tnya,gmn cara ngatasinya?
    Ada gak tipsnya?
    Mohon bls.trim

  10. deden says:

    mas letak capit udang yg sebelah mana ya?

  11. kardi says:

    mas, saya mau tanya. burung tinggian, badannya besar atau kecil, tolong dijelaskan, thx.

    • pujangga says:

      tiap pakar brg lain2 jawabannya nanti mas bisa bingung. kalau saya gak terpancang badannya tapi penting kerjanya.biasanya brg lokol bdnnya kecil dan krempeng sebaliknya darah improt badannya besar2 dan kerjanya brg badan kecil gak semuanya tinggi dan juga sebaliknya brg bdn besar blm tentu pendek. jadi bisa tinggi dan bisa pendek. jelas ada perbedaannya brg trah sama gak mas kardi bisa ambil kesimpulan sendiri….

      • asep gunawan says:

        Bos kris .. Apa itu darah lokal & darah import , mhn pencerahan’a . Tuk indukan pujangga bf yg msh berbau darah import itu trah yg mana . Tq .

  12. martua says:

    mas punya stok merpati trah yg super ga….?
    kira2 harga nya kisaran brapa ya……?
    yg siap tuk tanding/digabur mas….!

    • pujangga says:

      maaf ini hari gak ada, yg bakalan/bahan aja msh pd inden! masalah harga ternakan sy sdh ada daftarnya silahkan baca aja!

  13. adnan says:

    hehe..asik dpt masukan lg,
    klo saya msh terlalu pemula pak jd bnyak blajar2 aja dulu..hehe..wah bner pak jgn sampe dicopy ma org yg ga jelas lg..

  14. adnan says:

    itu yg ring GG yg pemiliknya nafsu ajak aduan ma ring 597 pak..
    maksudnya betina yg terakhir sama ring 35 dijodohkan gitu pak?

  15. untung tri wahyudi says:

    salam kenal saya dr cilacap KEMBANG BAKUNG BIRD FARM pencinta merpati tinggian,,,mayoritas TRAH dari JKT ring SARI RASA,NYOTO,dan trah sendiri….

  16. tommy says:

    mas, apakah burung lar 5,4,3 mesti istirahat. apakah memang burung lemes tapi ga mabung, di bandingkan bulu full.dan apakah burung ngelobok atau turun duluan sblm masuk kolong bisa dirubah gmaman carany? jika gandeng dia mau jam 11 dan 12, tapi jika sendiri atau g gandeng yg repot.. skian trims…

  17. Tri says:

    Pak, apa ada merpati tinggian (indukan – sepasang) yang mempunyai keturunan dengan warna bulu dan karakter yang stabil/tetap, kira-kira berapa ya harganya? Suwun.

  18. kiki says:

    saya mau tanya kalo burung tinggi capit udangnya harus rapat atau sudang kk

  19. Ekhan says:

    maaf pak ali mustofa bisri utk tahun 2010 sdh gak ngeluarkan betina super.

  20. Ali Mvstofa says:

    Mas q mo nanya nich…harga y beti yg super kisaran berapa? Bs g klu krm ke pekanbaru RIAU

  21. fahmi says:

    mas sy pemain burung juga ,,,
    sy pnya burung tp kok susah bgt y di latih nya ,,
    biar gampang di latih gmn caranya ????
    mohon di jawab ..
    trims…

    • pujangga says:

      om fahmi yg dimaksut susah dilth gimana? burung gak mau tempel atau gak bisa digabur? apa dulunya telat ngalit sampai brg sdh rampas. kalau susah tempel sama betinanya coba diganti betina apa di kawinkan yg cukup dulu pd malam hari dan didoping sama jamu jamu an, kalau susah digabur / dilepas coba di gandeng dulu sama pelatih mulai jarak 1meter dulu sampai mau turun tepat ke betinanya jangan tergesa2 utk diolor oke……

  22. riga says:

    mas kira2 klo burung dikasih minum susu taw madu bagus gak mas

    tq…

  23. Riga says:

    Mas, cra utk merawat bulu brung gmna mas, agar yg sdh brantakan/pecah bsa kembli halus dan rapi… Apakah ada smpo khusus yg msti dgunkan mas…

  24. pujangga says:

    pakl sabrel tlg dijawab aja ini comment? kalau sy,sy suruh kasih cerebrovit aja biar obatku di apotik pujangga laku ha a a a…..!

  25. pujangga says:

    maksudnya sigitu tp waktunya aja gak ada. masalah brg sy sekedar hoby aja pekerjaan rutin lebih utama.

  26. adnan says:

    klo sari rasa saya pernah denger ada di jakarta kyaknya..hehe

  27. adnan says:

    hahaha..sama aja pak tipe kerjanya seperti yg nafsu duel dgn ring597 saya..hehe..

  28. adnan says:

    y mksdnya kata tmn2 disini ring sari rasa dan gudang garam banyak yg punya didaerah jakarta dan tipe kerja brg nya hampir sama pak,,
    597 waktu itu pas lg dites gandeng ring GG sempet menang 1x,tp waktu mau aduan 597 keburu di colong org pak..

  29. adnan says:

    sama pujangga beda bgt pak apa lg pas turun brg pujangga kyaknya nafsu bgt sampe landas gamau kalah ma lawanya..
    tau nih maling bkin pusing aja..

  30. adnan says:

    iya bner pak,apalagi klo org yg bisanya cma copy artikel terlalu banyak teori dibandingkan hasil atau praktekan..hehe

  31. Rajesh says:

    BTUL MAS,RING SARI RASAPMILIKNYA BPK ZAENAL PNGUSAHA KRIPIK DR JAWA TENGAH BLIAU MAIN D KNDNG KAMI ANGEL-CIKUNIR & PULOMASSMPT VACUM BBRP LAMA,SKRG AKTI LG.DY ORG YG KUAT SKLI SM KATURANGGAN & KEJAWENNYA,TP HERANNYA DR SEKIAN BNYK BURUNG YG KAMI UMBAR,DY HNY TRTARIK UNTK MEGANG NMRABA BURUNG PUJANNGA.KLW RING ‘NYOTO’ SBNRNYA PRALIHN DR RING ‘TS’PMILIKNYA BPK.TOTO(SUDJONO NYOTO-KDG KUNING PULOMAS BRSAMA BPK IWAN SIDO.DGR KBR BLIAU SDH TDK AKTI LG,TP BNYK TRAH DARAHAN BLIAU ADA SM BPK.ARIEF SETIAWAN (KDG PUTIH PULOMAS) YG DITRUSKAN SM BLIAU DNG RING ‘ABADI’.SKDAR TUKAR INFO LOH…

  32. yoyo says:

    oke pak mksh sarannya,,iya pak smsnya jg bru msk brusan,,oia pak btw nti lelang bln april kira bka hrgnya brp pak dri 3 trah tsb?????pak klo blu sayap tengah lg jawat 3 bulu bulu kecil 2&1 blu yg panjang,ap boleh di mainkan apa2 tgg panjang dlu spt halnya lar 1???????

  33. pujangga says:

    kita buka harga 1 jt, kalau penjawatnya tinggal sedikit penuh gak papa.

  34. asep gunawan says:

    Waqaqaqaq .. Jgn berpikiran negativ bos kris , sy bkn breeder . Teori breeding lbh sulit drpada teori matematika & fisika , krn sudah byk contoh brg legenda tpi prestasi anakan’a ga sehebat indukan’a .Knapa kok bsa trjadi kaya gitu , ini tuk studi banding sya aja . Tq .

  35. pujangga says:

    lha iya bang asep tanya dan ngrorek masalah breding melulu aja …………. perlu di ingat bos asep kunci bukan di jantan tp betina kalau ingin ternakan cepat berhasil. spt contoh kemarin pakai jalur jantan dan jalur betina lebih gampang betinanya.dan kedua cari kunci dan ratunya brg merpati dulu ( pulung) bhs jawa.meskipun gk bisa menghasilkan keturunan baik tp aura ratu byk pengaruhnya.kalau sy suruh mempelajari teori2 org tambah pusing dan waktu utk baca aja gk ada he e e e……

Kotak Komentar



  • pujangga says: blm pd siap jual. on November 22, 2014 - 11:19
    lihat 6 komentar lainnya »
  • iyonova says: mas ada bahan yang bagus gak ? on November 22, 2014 - 09:33
    lihat 6 komentar lainnya »
  • pujangga says: coba telusuri web ini sdh ada cara... on November 21, 2014 - 22:56
    lihat 54 komentar lainnya »
  • pujangga says: sdh terjual on November 21, 2014 - 22:55
    lihat 2 komentar lainnya »
  • pujangga says: maaf sdh terjual ini on November 21, 2014 - 22:55
    lihat 2 komentar lainnya »
  • pujangga says: he e e e …..e sdh laku 750 rb mas on November 21, 2014 - 22:54
    lihat 18 komentar lainnya »
  • pujangga says: sdh on November 21, 2014 - 22:53
    lihat 6 komentar lainnya »
  • pujangga says: walaikum salam. blm ada brg pd habis... on November 21, 2014 - 22:52
    lihat 529 komentar lainnya »
  • Novri Cakil says: Cara ny g’mn??. on November 21, 2014 - 21:41
    lihat 54 komentar lainnya »
  • ebbot whatez says: pak de saya miniat yang ini cara nya... on November 21, 2014 - 12:08
    lihat 2 komentar lainnya »


    ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free

    Tahukah Anda..?

    Sebagian besar tips dan cerita menarik mengenai Burung Merpati justru tercurah melalui setiap Komentar Pengunjung yang selama ini ditinggalkan dan kami respon.
    Baca dan jangan lewatkan setiap komentar yang sudah terpublikasi di pujanggapati.com
                                Selamat Menikmati :)
    « Kembali ke Atas »